30 Ribu Lebih Wisatawan Padati Dieng Banjarnegara

Syarif TM
Wisatawan saat berswa foto di kompleks Candi Arjuna dataran tinggi Dieng Banjarnegara. Foto. dok. inewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Dataran tinggi Dieng ternyata masih menjadi favorite para wisatawan dalam menikmati libur Lebaran tahun ini, hal ini dibuktikan dengan kunjungan wisatawan yang menembus angka 30 ribu dalam tiga hari.

Berdasarkan data yang berhasil dihmimpun iNewsBanjarnegara.id, jumlah kunjungan mulai meningkat sejak hari Minggu (23/4/2023). Pada hari tersebut jumlah pengunjung tercatat menembus angka 10.560 wisatawan, jumlah kunjungan meningkat menjadi 13.450 pengunjung, sementara pada Selasa (25/4/2023), angka kunjungan diprediksi lebih dari 15 ribu pengunjung.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Tursiman mengatakan, jumlah kunjungan tersebut masih terkendala dengan akses jalan yang padat, belum lagi cuaca di dataran tinggi Dieng yang sudah turun hujan sekitar pukul 12.00 WIB, sehingga banyak wisatawan yang sudah datang namun tidak masuk ke objek wisata karena kondisi hujan.

"Kalau kemacetan sudah bisa diantisipasi oleh petugas dengan melakukan rekayasa lalu lintas, termasuk dengan menjadikan akses jalan menjadi satu arah, untuk masalah hujan, kita memang tidak bisa berbuat banyak, apalagi wisata Dieng merupakan wisata alam terbuka," ujarnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau pada calon wisatawan untuk tetap hati-hati dengan kondisi cuaca dan akses jalan menuju objek wisata yang cukup padat. Selain itu, pihaknya juga menyediakan beberapa pos kesehatan bagi wisatawan yang membutuhkan pelayanan kesehatan di beberapa titik objek wisata.


Jembatan kayu atau boadrwalk yang ada di kompleks Kawah Sikidang masih menjadi favorit para wisatawan di dataran tinggi Dieng. Foto. dok.iNewsBanjarnegara.
 

Kawah Sikidang Menjadi Favorit

Dalam libur Lebaran tahun ini, objek wisata Kawah Sikidang yang dilengkapi dengan jembatan kayu atau boardwalk masih menjadi favorit para wisatawan, hal ini bisa dilihat dengan kunjungan wisatawan yang cukup padat, bahkan lebih dari 50 persen wisatawan yang berkunjung ke Dieng berkunjung ke Kawah Sikidang.

"Sebenarnya Dieng memiliki banyak objek wisata, mulai dari kompleks Candi Arjuna, Telaga Merdada, Museum, Kawah Candradimuka, Sumur Jalatunda, dan objek lainnya. Namun, yang masih menjadi daya tarik hingga saat ini adalah Kawah Sikidang," ujarnya.

Dikatakannya, dari data kunjungan wisatawan ke dataran tinggi Dieng yang mencapai 10.560 di hari Senin, 7.363 diantaranya berkunjung ke Kawah Sikidang, sementara sisanya ke kompleks candi Arjuna, Museum, maupun objek wisata lainnya. 

Begitu juga dengan kunjungan wisata pada Senin (24/4/2023) yang menembus angka 13.450 wisatasan, 9.162 wisatawan berkunjung ke boadrwalk yang ada di kompleks Kawah Sikidang.

Tak hanya itu, tingginya animo masyarakat yang ingin menikmati boardwalk di kompleks Kawah Sikidang ini juga menyebabkan akses jalan menuju objek wisata tersebut sempat mengalami kemacetan, hal ini terjadi karena akses jalan yang ada di Dukuh Karangsari menjadi lebih sempit karena banyanya kendaraan yang parkir di bahu jalan, sehingga membuat akses jalan lebih sempit, sementara volume kendaraan menuju objek wisata cukup padat.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network