Warga Gumelem Digegerkan dengan Penemuan Mortir

Irfan Ramadan
Penemuan Mortir di Kecamatan Susukan Banjarnegara. foto.iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id- Sejumlah warga Desa Gumelem Kecamatan Susukan Banjarnegara digegerkan dengan penemuan mortir jenis UXO di pekarangan warga yang masih aktif. 

Diperoleh informasi, penemuan ini berawal saat seorang warga sedang membersihkan pekarangan, namun saat itu dirinya melihat benda yang sudah berkarat dan terkubur dalam tanah, setelah mencoba digali, ternyata sebuah mortir peninggalan zaman perang dan diduga masih katif.

Dari penemuan tersebut, warga melaporkan ke Polsek Susukan dan dilanjutkan pada Unit Gegana Banyumas. Tim gegana kemudian mendatangi lokasi dan mengamankan mortir serta melakukan pencarian mortir lain di sekitar lokasi penemuan.

Namun, tidak ditemukan mortir lain dan akhirnya mengamankan mortir UXO untuk dilakukan peledakan sesuai dengan prosedur. Mortir tersebut kemudian dibawa ke areal persawahan yang ada di Dusun Serayu, Desa Karangjati, Kecamatan Susukan.

Sebelum diledakan, tim gegana menggali tanah untuk menanam mortir tersebut untuk diledakakn dengan alat yang dimiliki tim gegana. Peledakan dilakukan untuk menghindari adanya korban atau membahayakan warga.

Adanya penemuan mortir tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Susukan AKP Suyono, dari penemuan tersebut, kemudian dilakukan penelitian oleh tim gegana dan diledakkan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Untuk mortir yang ditemukan jenisnya UXO, untuk peledakan sendiri dilakukan sesuai dengan SOP guna menghindari korban," katanya.

Selain itu, tim juga sudah melakukan pencarian jenis lain di lokasi dimana mortir tersebut ditemukan, namun dari hasil penggalian tidak ditemukan mortir lain di lokasi penemuan.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network