Manfaat Tanaman Begonia atau Trembilung, Mengobati Bisul Hingga Manfaat Lainnya

GH Cahyono
Penampakan batang tanaman Trembilung atau Begonia yang sangat populer di masyarakat sekitar hutan Kalibening dan sekitarnya karena dipercaya meningkatkan stamina dan mengobati beberapa penyakit

BANJARNEGARA,banjarnegara.inews.id - Sebagai tanaman yang habitatnya di hutan, Begonia merupakan satu tanaman dengan marga cukup banyak. Tercatat ada sekira 1500 jenis liar yang tersebar di hutan tropic maupun subtropik.

Dilansir dari website Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem dan bersumber dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai. Trembilung atau masyarakat Jawa Barat menyebutnya dengan hariang adalah Begonia "genus" dalam keluarga tanaman berbunga "Begoniaceae" dan merupakan nama umum serta nama generik untuk semua anggota "genus". 

Nama "genus" Begonia sendiri diciptakan Charles Plimier, pelindung Perancis botani. Begonia banyak di jumpai dari hutan dataran rendah sampai hutan sub pegunungan. Jenis tumbuhan ini dikenal oleh masyarakat Kecamatan Kalibening dan sekitarnya dengan nama Trembilung dan banyak terdapat didalam hutan. Flora ini termasuk tumbuhan semak dan biasanya menyukai habitat yang lembab. Daun Begonia berbentuk menjari dengan ujung daun meruncing, batang berwarna kemerahan dan berbulu.

Bagi masyarakat yang sering keluar masuk hutan, trembilung atau Begonia sangat terkenal karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan bahkan untuk membangkitkan stamina tubuh saat lemas atau kekurangan air. Juga dipercaya masyarakat bisa mengembalikan kebugaran tubuh. Batangnya berasa asam dan sangat berair menjadikan sering menjadi jambalan bagi perambah hutan dan dimanfaatkan batangnya sebagai pelepas dahaga alternatif di hutan karena kelangkaan air.

Bagian begonia yang dimakan yaitu batangnya dengan cara mengupas kulit batang terlebih dahulu dengan hati-hati supaya tidak kotor. Kemudian apabila sudah dikupas boleh dimakan. Rasa dari batang Begonia sendiri terasa asam dan banyak mengandung air.

Selain itu, trembilung atau begonia juga bermanfaat untuk tanaman hias dan juga sebagai tanaman obat. Khasiat tumbuhan ini yakni untuk mengobati bisul, obat pusing, demam, dan penghilang dahak. Bagian yang digunakan yaitu daun dan batang. Bagi masyarakat sekitar hutan, biasa digunakan untuk pengganti bumbu asam dalam membuat sayuran termasuk dipercaya untuk mengobati sakit tertentu.

Menanam Begonia atau Trembilung ternyata dapat memanen dua manfaat sekaligus yakni sebagai tanaman hias dan tanaman obat. Sekadar tambahan informasi, tanaman ini dapat diperbanyak melalui bijinya atau dengan stek daun atau stek batang. Begonia terbilang mudah tumbuh dan memiliki kemampuan adaptasi tinggi pada segala cuaca.

Begonia atau Trembilung bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan jika sedang tersesat di hutan. Potonglah daun dan tangkainya kecil-kecil sebelum dimakan.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network