Jaga Kebugaran, Wasit Askab PSSI Banjarnegara Jalani Fitnes Test

Syarif Tahmid
Sejumlah wasit Banjarnegara saat akan menjalani fitnes test di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sejumlah wasit berlisensi dari Kabupaten Banjarnegara menjalani fitnes test kebugaran yang dilakukan di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Minggu (12/5/2024). Kegiatan ini menjadi bagian dari upaya komwas Askab PSSI Banjarnegara untuk penyegaran wasit yang ada di Banjarnegara.

Ketua Komwas Banjarnegara Fajar Sigit mengatakan, para peserta fitnes test wasit ini merupakan wasit dari Banjarnegara yang memiliki lisensi C1 maupun C2 dari Asprov PSSI Jateng, termasuk wasit nasional yang sudah memiliki lisensi untuk turun di Liga 2.

"Cukup banyak wasit dari Banjarnegara yang sudah berlisensi baik nasional maupun daerah, untuk itu fitnes test kebugaran wasit ini menjadi penting sebagai penyegaran wasit, sehingga mereka siap untuk diturunkan dan memimpin pertandingan jika ditugaskan," ujarnya.

Beberapa tahapan fitness test bagi peserta penyegaran wasit yakni berlari sepanjang 40 meter sebanyak 6 kali dengan tempo waktu pertahap yakni 6 koma 01 detik, serta beberapa tes lainnya, hal ini sangat penting bagi sang pengadil lapangan, khususnya terkait law of the game atau peraturan terbaru permainan dari FIFA yang perlu diketahui dan dikuasai oleh para wasit. 

"Penyegaran ini kita ingatkan kembali tentang aturan terbaru dari FIFA, sementara fitnes tes menetukan ketahanan fisik setiap individu wasit yang akan memimpin sebuah pertandingan," katanya.

Menurutnya, adanya kegaitan ini diharapkan menjadi motivasi para peserta untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama ketahanan fisik. Sebab wasit juga harus memiliki fisik yang prima jika akan memimpin pertandingan.

"Dengan pengayaan dan penyegaran fisik para wasit ini, maka wasit dari Banjarnegara siap untuk ditugaskan kapanpun, sebab kondisi fisik harus terus terjaga demi memimpin pertandingan yang adil. Dengan fisik yang prima, maka konsesntrasi wasit akan sangat baik, dan tentunya berimbas pada keputusan yang adil saat memimpin pertandingan," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network