Pagi Ini, Banjarnegara diguncang Gempa dengan Kekuatan 3 Magnitudo. Masyarakat Jangan Panik

GH Cahyono
Lokasi gempa yang terjadi di Banjarnegara berdasarkan data dari BMKG

BANJARNEGARA,banjarnegara.inews.id – Pagi ini, Selasa (17/9/2024) sekitar pukul 08.15 WIB, gempa dengan kekuatan 3 Magnitudo dirasakan warga Banjarnegara Jawa Tengah. Menurut data BMKG dari https://www.bmkg.go.id/gempabumi-dirasakan.html,  gempa bumi terjadi pada pukul 08:15:21 WIB dengan kekuatan 3,0 magnitudo. Pusat gempa terletak di koordinat 7,27° Lintang Selatan dan 109,66° Bujur Timur dengan kedalaman mencapai 8 kilometer.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie dalam keterangannya menyatakan gempa bumi tektonik M3,0 yang dirasakan di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah dirincikan sebagai berikut:

Kejadian dan Parameter Gempabumi:  Hari Selasa, 17 September 2024 pukul 08.15.21 WIB wilayah Banjarnegara, JATENG dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M3,0. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7.27° LS; 109.66° BT tepatnya di darat pada jarak 16 km arah Barat Laut Banjarnegara, JATENG dengan kedalaman 8 Km.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi: Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Dampak Gempabumi: Guncangan gempabumi ini dirasakan di daerah Banjarnegara II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Gempabumi Susulan: Hingga hari Selasa, 17 September 2024 pukul 08.31 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada gempabumi susulan (aftershock).

Rekomendasi: Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.

Kabid Darlog BPBD Banjarnegara Andri S melalui Kasi Kedaruratan, Raib menghimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh terhadap isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaranya terkait adanya gempa. "Jika ada gempa segera mengevakuasi diri sendiri ketempat yang lebih aman. Selanjutnya jika ada kerusakan yang disebabkan oleh gempa, segera laporkan ke BPBD kab Banjarnegara," katanya.

Sementara itu, gempa yang terjadi langsung viral di media sosial. Banyak warga yang menyatakan tidak merasakan bahkan banyak pula yang meminta agar ada informasi lebih lengkap tentang kejadian gempa tersebut.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network