Kemenag Banjarnegara Siap Raih Predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi

GH Cahyono
Penilaian secara daring Kemenag Banjarnegara untuk meraih predikat ZI WBK oleh Kemenpan RB di Kantor Kemenag Banjarnegara, Selasa (15/10/2024). (Foto: Dok. Istimewa).

BANJARNEGARA, banjarnegara.inews.id - Setelah melalui perjalanan panjang, Kementerian Agama (Kemenag) Banjarnegara kini berada di tahap akhir untuk meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI WBK). Menyusul penilaian tingkat akhir oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI.

Kepala Kemenag Banjarnegara, Karsono, mengungkapkan rasa optimisnya dalam meraih predikat ZI WBK. Optimisme ini didasarkan pada persiapan matang yang telah dilakukan sejak Desember 2023 lalu.

“Saya optimis bisa meraih predikat ZI WBK. Karena persiapan sudah dilakukan sejak Desember 2023 lalu,” kata dia usai penilaian secara daring oleh Kemenpan RB di Kantor Kemenag Banjarnegara, Selasa (15/10/2024).

Penilaian ini menjadi momen penting bagi Kemenag Banjarnegara. Mengingat selama hampir satu tahun, berbagai program unggulan diluncurkan untuk memperkuat integritas, transparansi, dan pelayanan publik yang lebih baik.

“Selama hampir satu tahun ini kami sudah membangun tim yang kuat dengan didampingi Biro Ortala Kemenag RI, Kakanwil dan dukungan dari berbagai pihak ada Pj Bupati, Sekda dan OPD di Banjarnegara dan beberapa pihak lain,” sambungnya.

Adapun salah satu program andalan yang mendukung pencapaian ini adalah "Kopi Seceting" (Komunitas Penyuluh Agama Islam Cegah Stunting). Program ini bergerak aktif dalam pencegahan dan penurunan angka stunting di Banjarnegara.

“Melalui para penyuluh agama Islam program ini memberikan edukasi dan pendampingan kepada masyarakat. Inisiatif ini menunjukkan kepedulian Kemenag Banjarnegara terhadap masalah kesehatan masyarakat, khususnya terkait gizi anak-anak,” jelasnya.

Selain itu, Kemenag Banjarnegara juga memperkenalkan program "Pojok Mbanjar", sebuah pusat data yang lengkap dan terpadu. Pojok Mbanjar menyediakan akses informasi yang transparan dan dapat diakses oleh masyarakat, menjadikannya sebagai sumber data yang terpercaya.

“Dua program ini tidak dimiliki oleh Kemenag kabupaten/kota lain, sehingga menambah nilai strategis bagi Banjarnegara dalam meraih predikat ZI WBK,” tegasnya.

Karsono menegaskan, hasil akhir dari penilaian ini akan diumumkan pada Desember 2024 mendatang. Dengan segala upaya yang telah dilakukan, ia optimis bahwa Kemenag Banjarnegara akan menjadi salah satu instansi yang berhasil meraih predikat ZI WBK.

“Sekali lagi kami optmis bisa meraih predikat ZI WBK, sekaligus menjadi contoh bagi lembaga lain dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani,” tambahnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network