get app
inews
Aa Read Next : Jadikan Pemilih Cerdas, SMAN 1 Klampok Pilih Materi Pemilu di Pembelajaran P5

Siswa SMPN 1 Pejawaran Gelar Perjusa

Minggu, 11 Desember 2022 | 19:27 WIB
header img
Api unggun menjadi bagian penutupan dari kegiatan Pramuka yang dilakukan SMPN 1 Pejawaran, Banjarnegara. Foto dok. SMPN 1 Pejawaran

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai upaya untuk menanamkan kemandirian bagi siswa kelas VII, SMPN 1 Pejawaran menggelar kemah yang dilakukan di halaman sekolah, Jumat-Sabtu (10/12/2022).
Kepala SMPN 1 Pejawaran Haryono mengatakan, pramuka merupakan satu kegiatan ekstra kurikuler yang ada di sekolah ini, sedangkan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) merupakan kegiatan wajib bagi siswa kelas VII.
"Kegiatan Pramuka ini juga menjadi bagian yang tercantum dalam kurukulum merdeka, sehingga kami mengadakan kegiatan ini sebagai bagian dari implementasi sesuai dengan amanah kurikulum merdeka," katanya.
Sementara itu, Pembina Pramuka SMPN 1 Pejawaran Rilo Pambudi Pratama mengatakan, perkemahan merupakan bagian dari melatih para siswa dalam kemandirian, mereka juga dituntut untuk bisa bekerjasama dengan kelompoknya, termasuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi selama kegiatan berlangsung.
"Dalam kegiatan ini, para siswa dilatih untuk saling bekerjasama bersama dengan kelompoknya, bersaing secara sportif melalui berbagai kegiatan lomba, mulai dari lomba baris berbaris, lomba memasak, hasta karya dari barang bekas, hingga pentas sen," katanya.
Dikatakannya, melalui pegiatan perkemahan, para siswa juga diajak untuk berlatih berpikir cepat dalam mengatasi permasalah yang ada di sekitar sekolah, termasuk didalamnya mengenai loka karya mini tentang pengelolaan sampah.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut