get app
inews
Aa Read Next : Kades Terpilih Di Banjarnegara Tetap Dilantik 30 April 2024

Cari Sosok Pemimpin Banjarnegara, Pemuda Siap Gelar Diskusi Publik

Kamis, 15 Desember 2022 | 18:54 WIB
header img
Sejumlah mahasiswa dan pemuda Banjarnegara saat menggelar rapat persiapan diskusi publik bertemakan 'Menyongsong Kepemimpinan Transformatif di Banjarnegara'. Foto. Syarif TM/iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Pelaksanaan pemilihan kepala daerah akan berlangsung pada 2024 mendatang, banyak harapan masyarakat Banjarnegara untuk mendapatkan bupati yang bisa membawa Banjarnegara menjadi lebih baik lagi.

Pemimpin Banjarnegara ke depan diharapkan mampu mengupas dan mengatasi segala permasalahan dan mencari jalan keluar demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Banjarnegara.

Untuk mencapai dan mencari sosok pemimpin ideal di Banjarnegara, sejumlah organisasi pemuda di Banjarnegara akan menggeral diskusi publik dengan tema 'Menyongsong Kepemimpinan Transformatif di Banjarnegara'. Kegiatan tersebut rencananya digelar di Surya Yudha banjarnegara, Sabtu (24/12/2022).

Keberhasilan sebuah daerah memang tidak lepas dari sosok dan kualitas pemimpin, begitu juga dengan Banjarnegara yang sangat membutuhkan pimimpin yang dapat merubah atau mentransformasi Banjarnegara menjadi lebih baik dari sisi SDM, Ekonomi, Sosial, Politik dan Birokrasi. 

"Ajang Pemilukada merupakan satu sarana untuk masyarakat dalam menentukan pemimpin lima tahun, disitulah pemimpin harus memagami dan mengetahui segala permasalahan permasalahan yang ada, sehingga mereka bisa menyiapkan visi misi, serta program dalam mengatasi masalah tersebut saat dirinya menjabat sebagai bupati Banjarnegara," kata ketua panitia diskusi publik Kartono.

Menurutnya, satu masalah yang paling krusial di Banjarnegara saat ini adalah masih rendahnya Indeks Pembangunan Manusia (IPM), bahkan IPM Banjarnegara masih di bawah rata-rata jata tengah dan nasonal.

Tak hanya itu, Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) dan pertumbuhan ekonomi di Banjarnegara juga masih rendah. Pendapatan perkapita masyarakat masih relatif kecil jika dibandingkan pendapatan perkapita nasional. Angka kesenjangan pendapatan masyarakat masih cukup tinggi. 

"Dari permasalahan dan harapan para generasi muda di Banjarnegara ini, maka kami akan menggelar diskusi publik dalam menyongsong Pelilihan Kepala daerah dalam Pemilu serentak 2024 mendatang," katanya.

Dikatakannya, dalam diskusi publik tersebut akan menghadirkan sejumlah narasumber yang memang berkometen dibisangnya, seperti Ketua Umum Ikabarata (Ikatan Keluarga Banjarnegara se Indonesia) Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Ahmad Sabiq, S.Sos., M.A. Dosen Ilmu Politik UNSOED dan Pengamat Politik, Satrio Yudhiarto selaku sesepuh Banjarnegara dan pemilik Surya Yudha Group, dan Imam B. Prasodjo sosiolog dan dosen Universitas Indonesia (UI).

"Kegiatan ini dilaksanakan berkat kolabroasi berbagai organisasi pemuda dan organisasi peduli Banjarnegara, baik dari Ikabarata, Yayasan Banjarnegara Sejahtera, KAHMI, KNPI, dan Forum Badan Eksetutif Mahasiswa Banjarnegara," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut