Logo Network
Network

Siapa Lebih Unggul, Messi vs Mbappe di Partai Puncak Piala Dunia 2022

Redaksi
.
Minggu, 18 Desember 2022 | 13:04 WIB
Siapa Lebih Unggul, Messi vs Mbappe di Partai Puncak Piala Dunia 2022

Oleh : Maula Asadillah Alf


DUA bintang sepak bola dunia antara Lionel Messi akan berhadapan dengan rekan satu tim Kylian Mbappe. Kedua pemain ini sama-sama bermain di klub raksasa Ligue 1 Prancis Paris Saint-Germain (PSG).

Messi maupun Mbappe saling bekerja sama untuk mengangkat tropy kasta tertinggi Liga Prancis, bahkan PSG harus rela mengeluarkan dana besar untuk membeli dua pemain terbaik di dunia ini. Namun, malam nanti keduanya harus saling jegal pada laga puncak Piala Dunia Qatar 2022 yang akan digelar di Lusail Stadium, Qatar, Minggu (18/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Melihat kiprah keduanya, Lionel Messi tampil inspiratif bersama tim Argentina, begitu juga Kylian Mbappe yang mengenakan Jersey Les Blues yang juga tampil apik selama Piala Dunia 2022 berlangsung. Tak hanya itu, sejauh ini keduanya juga sama-sama mengemas 5 gol selama gelaran Piala Dunia Qatar 2022 berlangsung.


Lionel Messi (Foto REUTERS)

Timnas Argentina akan bertarung dengan Prancis, pertemuan ini tidak hanya sekadar laga final, tetapi juga bertarungan bintang lapangan beda usia yang bermain bersama di klub dengan membela negara masing-masing.

La Albiceleste berhasil lolos ke babak final setelah menjungkalkan Kroasia yang tampil impresif selama gelaran Piala Dunia dengan skor 3-0, sementara Prancis lolos ke babak final setelah menaklukkan tim spektakuler Maroko sengan skor 2-0 di semi final.

Dua bintang SPG ini tentu akan menjadi sorotan insan sepak bola dunia, dimana kapten Argentina harus berhadapan dengan striker muda Prancis yang haus gol. Tak hanya itu, keduanya saat ini sama-sama menjadi top skor sementara Piala Dunia Qatar 2022. Laga ini juga menjadi ajang pembuktian gairah pemain muda vs pengalaman.

Dengan segudang pengalamannya, Messi lebih diunggulkan, sementara Mbappe juga tak kalah dengan gairah muda yang sarat dengan ambisi untuk bisa mengangkat tropy ke tiga bagi Prancis.

Melihat statistik kedua pemain selama di putaran Piala Dunia Qatar 2022 ini juga sangat fantastis, kedua pemain ini sama-sama sudah bermain pada 6 laga, sementara menit bermain, Messi lebih diunggulkan di banding Mbappe yang hanya bermain 447 menit, sedangkan Messi sudah bermain selama 570 menit.

Soal mencetak gol, Messi dan Mbappe sama-sama sudah mengoleksi 5 gol, namun untuk assist, Messi sudah memberikan 3 assist dan Mbappe baru 2 assist. Dari jumlah tembakan, bintang Argentna ini juga sudah melesatkan 27 tembakan ke gawang lawan, sedangkan Mbappe baru 25 tembakan.


Selebrasi (Foto. REUTERS)

Dari sisi umpan, Messi berhasil memberikan umpan sebanyak 121 kali, sedangkan Mbappe 83 kali, begitu juga dari sektor menciptakan peluang, Messi lebih unggul dengan 18 peuang, sedangkan sang rival hanya 11 peluang.

Meski begitu, Mbappe tetap akan menjadi ancaman bagi lini pertahanan La Alboceleste, kemampuan Mbappe dalam menggiring bola juga patut diwaspadai oleh anak didik Lionel Scaloni. Terbukti, bintang muda Prancis ini selalu membuat membuat bek tim lawan kewalahan.

Siapapun yang menjadi juara Piala Dunia Qatar 2022 malam nanti, mereka dapat mencatatkan dirinya sebagai bagian dari sejarah sepak bola negaranya. Dunia sepak bola kembali akan mencatat sejarah baru peraih bintang tiga di jersey timnas sang juara. (*)

Editor : Adel
Bagikan Artikel Ini