get app
inews
Aa Read Next : Usai Dilantik, Pj Gubernur Jateng Siap Lanjutkan 'Mboten Korupsi Mboten Ngapusi'

Jateng Jadi yang Terbaik dalam Penyelenggara Jalan

Rabu, 21 Desember 2022 | 18:04 WIB
header img
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menjadi yang terbaik dalam pembangunan jalan selama tahun 2022 oleh Kementerian PU PR. Foto. dok Pemprov Jateng

SEMARANG,iNewsBanjarnegara.id-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PU PR sebagai yang terbaik utama dalam pengelenggara  jalan terbaik.

Hasil tersebut merupakan penilaian Kinerja Bidang Kebinamargaan dalam Penyelenggaraan Jalan oleh Kementerian PU PR. Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri PUPR RI Basuki Hadi Muljono kepada Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen.

Wagub Taj Yasin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mau bekerja keras mengupayakan penyelenggaraan jalan di Jateng. Menurutnya, tanpa kerja keras bersama, penghargaan Kebinamargaan ini tidak akan terwujud.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas penghargaan ini. Saya yakin, ini semua bisa terwujud atas kerja keras teman-teman di Jateng yang telah bekerja keras," katanya.

Menurutnya, penghargaan yang diterima sejatinya menjadi pengingat kepada seluruh pihak untuk tetap berkarya. Masyarakat juga diminta untuk senantiasa peduli serta menjaga kondisi jalan bersama-sama.

"Kita harus ingat pada momen ini, kalau nanti ada jalan yang kondisinya kurang bagus, ya kita perlu memperbaikinya, masyarakat juga harus berkontribusi merawat jalan agar senantiasa bisa nyaman digunakan bersama. Kita punya aplikasi "Jalan Cantik" yang bisa dijadikan sarana untuk saling menginfo kalau ada jalan rusak," katanya.

Kepala DPU BMCK Jateng Hanung Triyono mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada Pemprov Jateng yang dinilai cakap melakukan perencanaan, pelaksanaan, hingga pemeliharaan jalan provinsi. Hal itu sesuatu yang krusial, sebab jalan provinsi terhubung dengan jalan nasional yang otomatis mendukung keandalan konektivitas antar ruas jalan. Selain itu, Pemprov Jateng juga dinilai mampu mengelola Program Hibah Dana Daerah. 

"Saat ini, kondisi jalan di jawa tengah sudah lebih dari 92 persen dalam kondisi baik dari total ruas jalan mencapai 2.404,741 kilometer," katanya.

Percepatan pelayanan jalan juga menjadi penilaian tersendiri oleh Kementerian PU PR, dimana Jateng respon cepat atas aduan masyarakat memiliki aplikasi "Jalan Cantik", untuk memudahkan pelaporan kerusakan jalan melalui telepon genggam. 

"Hal ini juga disurvei, jadi pemeliharaan kita dinilai memiliki respon cepat sesuai aturan dan status fungsi jalan semuanya jelas dan dilaksanakan secara bertanggungjawab oleh Pemprov Jateng," katanya.

Perlu diketahui, selain Jateng yang menyabet juara 1 Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Kebinamargaan, Sumatera Selatan menduduki tempat kedua, disusul Sulawesi Tengah di tempat ketiga. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut