get app
inews
Aa Read Next : Ada Enam Lokasi Pos Pengamanan Nataru Polres Banjarnegara 

Mau Liburan Takut Boros, Berikut Tips Hemat Libur Akhir Tahun

Senin, 26 Desember 2022 | 06:05 WIB
header img
Ilustrasi libur akhir tahun. Foto. dok iNews.id

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara.id - Momen akhir tahun identik dengan liburan demi melepas penat dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, maupun sahabat. Travelling merupakan satu pilihan yang banyak dilakukan orang.

Namun, yang perlu diingat adalah persiapan yang matang dan terecana dengan baik, mulai dari pemilihan destinasi, daerah tujuan, hingga berapa lokasi yang akan dikunjungi, dan yang tidak kalah penting adalah anggaran untuk berlibur, sehingga usai berlibuar, kita tidak dipusangkan dengan masalah keuangan.

Bagi Anda yang ingin memanfaatkan liburan akhir tahun bersama keluarga, berikut kami 4 tips penting agar liburan Anda benar-benar berjalan lancar dan hati tetap senang.

1. Jaga kondisi kesehatan diri Anda

Kesehatan menjadai hal yang paling penting sebelum Anda melakukan perjalanan untuk berlibur, apalagi kondisi cuaca saat ini yang cukup ekstrem, pastikan diri Anda selalu sehat dan tidak sakit. 
Sakit ketika hendak liburan merupakan hal yang paling dihindari oleh siapa saja. Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga kondisi tubuh agar selalu fit dan prima saat berlibur. Jaga pola makan dengan makanan bergizi, minum air mineral yang rutin, dan tidur yang teratur.   

2. Susun jadwal perjalanan dengan bijak 

Liburan memang sering membuat kita lupa waktu, untuk itu pastikan perjalalanan dan waktu liburan tersusun dengan baik agar tidak sampai melampaui kapasitas Anda. Tentukan dulu di awal perencanaan mengenai kapan dan berapa lama Anda akan berlibur. Mulai dari persiapan izin/cuti, budget, akomodasi, dan mempersiapkan perlengkapan selama liburan.

3. Pastikan budget liburan aman terkendali 

Liburan identik dengan menguras dompet, namun liburan bukan berarti harus menguras habis isi dompet Anda, sebelum berangkat, pastikan alokasi dan penggunaan anggaran dengan bijak sesuai dengan kemampuan. 

Aktivitas yang Anda lakukan saat travelling akan sangat memengaruhi jumlah anggaran yang perlu dipersiapkan. Rencanakan aktivitas apa yang akan Anda lakukan dan mulailah memperkirakan berapa jumlah biaya liburan yang akan dikeluarkan. Jangan sampai biaya aktivitas tersebut melampaui anggaran yang sudah Anda tetapkan di awal. 

4. Manfaatkan promo akhir tahun 

Berkaitan dengan budget, pastikan libur akhir tahun Anda sudah tersusun dengan baik, mulai dari pemilihan lokasi hingga asumsi waktu perjalanan berlibur hingga kembali ke tempat asal. 
Menjelang akhir tahun, biasanya akan banyak promo menarik yang ditawarkan. Hal ini bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk menekan budget liburan supaya lebih hemat. Jangan segan untuk melakukan browsing terkait harga promo dari beberapa layanan yang ada, mulai dari tiket perjalanan, tempat tujuan, hingga promo penginapan dimana Anda akan menikmati masa liburan.

So.. tips singkat ini bisa Anda coba agar liburan Anda tahun ini sangat berkesan tanpa harus menguras seluruh isi dompet Anda.. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut