get app
inews
Aa Read Next : Syukuran, Warga Bandingan Kalibombong Banjarnegara Gelar Ruwat Bumi

Warga Nias se Banyumas Raya Rayakan Natal dan Tasyakuran Tahun Baru di Baturraden

Senin, 30 Januari 2023 | 17:52 WIB
header img
Ikatan Keluarga Nias Barlingmascakeb saat menggelar natal dan syukuran tahun baru di Batrraden. Foto dok. IKN B

BANYUMAS,iNewsBanjarnegara.id-Keluarga besar masyarakat Nias yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Nias (IKN) Barlingmas Cakeb menggelar perayaan natal dan tasyakuran tahun baru yang dilaksanakan di Baturraden Banyumas, Sabtu (28/1/2023).

Sekretaris panitia kegiatan Yasozisokhi Zebua, SH, MH mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan bagi masyarakat Nias yang berada di wilayah Banyumas Raya yang meliputi, Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, Purbalingga, dan Kebumen.

Pemilihan wilayah Baturraden Banyumas ini karena dinilai letak kabupaten ini berada di tengah, sehingga wilayah ini menjadi sentral bagi keluarga besar Nias yang tinggal di wilayah Barlingmascakeb.

"Untuk tahun ini lebih ramai dari kegiatan sepupa sebelumnya, kegiatan ini juga dihadiri oleh tokoh Banyumas yang juga wakil ketua Komisi IV DPRD Banyumas drg. Andrias Kartikosari," katanya.

Tak hanya itu, sejumlah tokoh Nias lainnya seperti Etika Halawa, SE selaku Ketua Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Propinsi Jawa Tengah yang juga Ketua DPD PIKI (Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia) Jateng, Penasehat IKN-B Sanubari Hia dan Lius M. Sarumaha, S.Pd serta Ketua IKN Barlingmascakeb Peltu (Purn) Fatofa Hia.

Menurutnya, dalam syukuran dan perayaan natal warga Nias di Barlingmascakeb ini mengambil tema 'Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang' ini diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh Pdt. Yosua Zendrato, S.Th dari Gereja Pantekosta Isa Almasih (GPIA) Penuai Cilacap.

Tak hanya itu, untuk tetap menjaga kecintaan terhadap budaya dan alat musik tradisioal Nias juga ditampilkan atraksi lompat batu sebagai tradisi Nias oleh sejumlah mahasiswa asal Nias, termasuk sejumlah tarian dan alat musik tradisional juga ikut memberiahkan acara tersebut.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut