get app
inews
Aa Read Next : Wagub: Mahasiswa harus Miliki Jiwa Wirausaha

Lestarikan Budaya, Koperasi Lega Tampilkan Gendingan di RAT Anggota

Jum'at, 17 Februari 2023 | 12:17 WIB
header img
Gendingan jawa saat pelaksanaan RAT Koperasi di Kecamatan Punggelan Banjarnegara. Foto. iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan satu kewajiban bagi koperasi sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus, namun ada yang berbeda saat Koperasi Lega Punggelan melakukan RAT, Kamis (16/2/2023).

Pasalnya, tidak hanya dihadiri oleh pengurus, pengawas, pembina, dan anggota koperasi saja, dalam kegiatan tersebut juga dihadirkan musik tradisional jawa gending jawa dari grup Dwija Laras sebagai satu upaya koperasi dalam ikut mempertahankan budaya jawa, khususnya karawitan.

RAT merupakan agenda wajib setiap badan usaha koperasi, karena di dalamnya akan dibahas tentang pertanggunjawaban pengurus koperasi selama satu tahun kepada anggota koperasi yang bersangkutan. 

Anggota koperasi yang juga pimpinan Grup Karawitan Dwija Laras Punggelan Teguh Raharjo mengatakan, para penabuh karawitan dalam kegiatan ini merupakan jajaran guru dan kepala sekolah yang ada di Kecamatan Punggelan. Hadirnya musik tradisional jawa ini juga untuk lebih memeriahkan kegiatan RAT Koperasi Lega Punggelan.

"Ini bagian dari nguri-uri budaya, semoga dengan ini ada minat bagi generasi muda dalam belajar musik tradisional jawa ini," katanya.
Ketua KPRI Lega Punggelan Suripto mengatakan, RAT merupakan satu bentuk pertanggungjawaban pengurus pada anggota, termasuk di dalamnya membahas program kerja serta pengambilan keputusan lainnya.

"Perkembangan koperasi ini terjadi karena partisipasi semua anggota dan pengurus, sehingga keberadaan koperasi ini bisa memberikan manfaat sesama, sebab Koperasi Lega ini tidak hanya bergerak pada simpan pinjam anggota, tetapi juga ada sektor usaha lain yang bisa dimanfaatkan oleh para anggota," katanya.

Pengurus PKPRI Kabupaten Banjarnegara Anang Susilo mengatakan, banyak hal yang telah dicapai oleh KPRI Lega selama ini.  Capaian yang telah dicapai untuk terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Ia juga mengharapkan adanya terobosan-terobosan baru terutama ada jenis-jenis usaha baru yang dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan memajukan koperasi KPRI Lega Punggean ke depannya.

Kepala Dinas Perindakop dan UMKM Kabupaten Banjarnegara Adi Cahyono PS mengatakan,  RAT ini merupakan rapat wajib setiap badan usaha koperasi yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 25 tahun 1992 tentang Perkoperasian.

Dalam arahannya, Ia  mengatakan koperasi harus bangkit setelah pandemi. Sejalan dengan program pemulihan ekonomi, koperasi harus menjadi badan usaha yang sehat, salah satunya dengan tertibnya melaksanakan RAT. 

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut