get app
inews
Aa Read Next : Segini Besaran Dana Desa dan ADD di Banjarnegara Tahun 2024

Masyarakat Harus Tahu, KUA Tak Hanya Urusi Soal Nikah

Jum'at, 24 Februari 2023 | 20:25 WIB
header img
Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara membuka stand di Banjarnegara Expo 2023. Foto. Syarif TM/iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara.id-Berurusan dengan Kantor Urusan Agama (KUA) maka erat kaitannya dengan masalah pernikahan, padahal KUA tidak hanya mengurusi masalah pernikahan saja.

Untuk itu, demi memperluas pengetahuan dan tugas fungsi KUA dan Kementerian Agama di tingkat Kabupaten, Kemenag Banjarnegara membuka stand pelayanan masyarakat dan informasi terkait keberadaan KUA dalam Banjarnegara Expo 2023.

Kepala Kementerian Agama Banjarnegara Karsono mengatakan, hadirnya stand Kemenag di Banjarnegara Expo ini untuk lebih mengenalkan dan menyosialisasikan terkait tugas dan wewenang Kementerian Agama, termasuk KUA yang ada di setiap kecamatan.

"Sebenarnya, masyarakat bisa memanfaatkan Kemenag atau KUA di kecamatan untuk masalah lain, seperti pelayanan dan informasi ibadah haji, produk halal, pendidikan dan lainnya yang berkaitan dengan keagamaan, jadi KUA itu tidak hanya mengurusi soal nikah," katanya.

Menurutnya, selain itu KUA juga memiliki tiga tugas pokok yang saat ini menjadi perhatian pemerintah, yakni percepatan penurunan angka stunting, tingginya kawin anak, hingga kesejahetraan sosial.

"Kami juga ada program bimbingan nikah, sosialisasi pencegahan nikah muda, serta konsultasi terkait pra nikah," ujarnya.

Selain itu, Kementerian agama juga memiliki program edukasi remaja, petugas penyuluh agama, serta penanganan miskin ekstrem yang ada di Banjarnegara melalui pemberdayaan ekonomi umat berbasis KUA dengan memberikan bantuan modal bagi pelaku usaha kecil.

Adanya program tersebut mendapatkan dukungan dari Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto, selain itu Pj bupati juga memberikan apresiasi kinerja Kemenag yang sudah menggunakan sistem digital terkait data nikah yang ada di wilayah dan selalu update.

"Informasi ini sangat penting, sehingga masyarakat juga mengenal dan mengetahui apa yang dilakukan oleh Kemenag, termasuk KUA, apalagi data yang disajikan online dan up to date. Saya yakin ini akan memudahkan masyarakat," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut