get app
inews
Aa Read Next : M2B Tantang SMA Muhammadiyah Banjarnegara di Final POPDA SMA

2.000 Atlet Pelajar Bertanding di Popda 2023

Senin, 06 Maret 2023 | 17:25 WIB
header img
Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara Indarto saat melepas atlet Popda Banjarnegara cabang atletik dalam pembukaan Popda tahun 2023 di Stadion Soemitro Kolopaking Banjarnegara, Senin (6/3/2023). Foto. dok Panitia.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sedikitnya 2.000 atlet pelajar di Banjarnegara mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kabupaten Banjarnegara yang digelar mulai Senin (6/3/2023).

Atlet tersebut bertanding dalam 12 cabang olahraga yang meliputi Atletik, Sepakbola, Karate, Sepaktakraw, Bola Basket, Pencak Silat, Bola Voli Indor ,Panahan, Tenis Meja, Tenis Lapangan, Renang, dan Bulutangkis.

Mereka berebut menjadi yang terbaik guna mewakili Banjarnegara di ajang yang sama pada tingkatan yang lebih tinggi.
Dalam sambutanya, Sekretaris Daerah Kabupatan Banjarnegara Indarto meminta setiap sekolah dapat melakukan pembinaan atlet sejak dini.  Sebab pembinaan olahraga sejak dini dapat dilakukan melalui dari sekolah, dimana sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam membina dan menjaring bakat-bakat muda di bidang olahraga.

"Sekolah memiliki peranan yang sangat penting dalam pembinaan olahraga usia dini, Popda ini menjadi bagian dari upaya menjaring atlet-atlet muda potensial yang ada di Banjarnegara," katanya.

Dikatakannya, selain adanya ruang bagi atlet di lingkungan sekolah, proses dan progrem pembinaan atlet juga harus dilakukan, sehingga jenjang pencapaian dan event yang berjenjang menjadi satu sarana untuk mengukur kemampuan atlet.

"Kami berharap Popda 2023 ini akan mampu melahirkan atlet-atlet muda potensial  dan mampu mengharumkan nama Banjarnegara melalui prestasi olahraga," katanya.

Dia juga berharap jika Popda ini benar-benar menjadi wadah dan sarana pembuktian bagi atlet pelajar, sehingga atlet muda potensial dapat terpantau dan terus dibimbing untuk meraih prestasi tertinggi.

"Ajang ini sebagai pembuktian sekaligus tolok ukur pembinaan prestasi olahraga pelajar serta memilih atlet terbaik yang akan mewakili Kabupaten Banjarnegara pada ajang lebih tinggi, baik tingkat karesidenan, provinsi maupun nasional," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Banjarnegara Teguh Handoko.

Teguh juga mengatakan jika Popda di gelar tidak hanya semata mencari juara, namun untuk membentuk dan memupuk jiwa sportifitas, Jiwa kejujuran, dan persahabatan, serta meningkatkan jalinjan silaturahmi sesama pelajar di Banjarnegara.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut