get app
inews
Aa Read Next : Launching SIM Andipa, SMPN 1 Banjarnegara Siap Terapkan Smart School

Siswa SMPN 1 Sigaluh Gelar Apresiasi Seni

Jum'at, 10 Maret 2023 | 20:00 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara saat melihat pameran yang dilakukan oleh siswa SMPN 1 Sigaluh Banjarnegara, Jumat (10/3/2023). Foto. Nestya/iNewsBanjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi memberikan ruang kreativitas anak didiknya, SMPN 1 Sigaluh Banjarnegara menggelar apresiasi seni dan kreativitas. Kegiatan tersebut dilakukan di lingkungan sekolah, Jumat (10/3/2023).

Ajang kreativitas siswa yang mengambil tema 'Menggali Kreativitas Merajut Keragaman Budaya dan Menumbuhkan Jiwa Kebhinekaan Global' ini merupakan satu upaya sekolah dalam menggali potensi siswa, khususnya jelang kelulusan bagi siswa kelas IX SMPN 1 Sigaluh.

Gelar Apresiasi Seni Budaya ini juga sekaligus sebagai ujian praktik bagi siswa untuk mata pelajaran seni budaya. Dimana para siswa mementaskan berbagai seni tari tradisional hingga pameran karya seni dari siswa kelas IX yang dilakukan di kelas masing-masing.

Kepala Dinas Pendidikan Pemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara Teguh Handoko mengatakan, penampilan karya seni dan kreativitas para siswa ini harus ditingkatkan, sebab melalui kegiatan ini para siswa dalam mengeskpresikan minat bakat dan potensi yang dimiliki. Kegiatan ini juga menjadikan anak-anak dapat belajar berkolaborasi, bertanggung jawab, dan mengekspresikan seni. 

"Para guru harapannya tidak salah kaprah dalam memaknai kegiatan pembelajaran berbasis proyek. Jangan terpaku pada hasilnya, tetapi lihat prosesnya, karena dari proses tersebut anak akan belajar dan mendapatkan pengalaman yang sangat berguna bagi kehidupannya," katanya.

Tak hanya itu, dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh SMPN 1 Sigaluh, Camat Sigaluh Izak Daniel Alloys juga mencanangkan bahwa SMPN 1 Sigaluh ini sebagai sekolah 'Agro Edu Wisata'.

"Pencanangan ini bukan tanpa alasan, para siswa sekolah ini sudah berhasil membuat pupuk organik cair yang ramah lingkungan. Dan pupuk tersebut merupakan hasil karya anak-anak SMPN 1 Sigaluh," katanya.  

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Sigaluh Bambang Kuseno mengatakan, dalam pengembangan potensi anak, sekolah memiliki peranan yang sangat penting, sehingga pihanya memberikan ruang bagi anak didiknya untuk dapat berkreasi sebagai upaya untuk ikut melestarikan budaya.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menggali kreativitas peserta didik, menghargai, dan merajut keberagaman budaya dan menumbuhkan sikap yang berkebhinekaan global," katanya.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan satu ajang pertunjukan bakat bagi para siswa, melalui kegiatan ini, peserta didik dapat menyalurkan kreativitas serta mendapatkan sebuah panggung pertunjukan yang layak.

"Melalui kegiatan ini, kami juga berharap akna menumbuhkan sikap peduli, kerjasama, tanggungjawab, disiplin, percaya diri, dan tentunya mereka dapat mengapresiasi seni yang ditampilkan," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut