get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hebat di Pagentan Hanguskan Gudang Sembako dan BBM

BPBD, Dinsos, dan PMI Banjarnegara Salurkan Bantuan Logistik 

Minggu, 26 Maret 2023 | 15:44 WIB
header img
Tim gabungan dari Dinas sosial, PMI dan BPBD Banjarnegara bersiap melakukan distribusi bantuan logistik pada korban bencana, Minggu (26/3/2023). Foto. dok BPBD Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Dalam sepekan terakhir, wilayah Banjarnegara diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi, akibatknya lebih darik 15 kejadian terjadi sejak awal ramadan ini.

Tak hanya itu, hujan deras yang terjadi pada sore hari ini juga menyebabkan sejumlah kjeadian, mulai dari pohon tumbang menimpa rumah warga, pohon melintang jalan, kebarakan rumah, hingga tanah longsor.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, beberapa kejadian tersebut dilaporkan tim BPBD Banjarnegara, SAR, PMI, dan tim penyelamat Pemadam Kebakaran Satpol PP, tercata kurang dari sepekan, ada 15 kejadian yang terjadi di Banjarnegara.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sejak awal ramadan ini, wilayah Banjarnegara diguyur hujan dan disertai angin kencang sejak pukul 14.00 WIB, tak lama berselang, petugas mendapatkan laporan adanya warga yang tersengat aliran listrik dan melakukan evakuasi di Desa Gumiwang RT 03 RW 01, Kecamatan Purwanegara.

Tak lama berselang, banyak laporan masuk terkait pohon tumbang, mulai dari adanya pohon tumbang di Desa Blambangan, Kecamatan Bawang, yang menutup akses jalan dan permukiman, bahkan angin kencang juga menyebabkan tiang listrik dan pohon yang ada di tepi jalan Tapen-Kasilib roboh hingga menutup sebagian jalan.

Tak hanya itu, di Desa Gemuruh, Kecamatan Bawang, pohon besar tumbang dan menimpa kandang ternak, begitu juga dengan yang terjadi di kompleks perumahan Gemuruh Indah yang memutus jaringan listrik.

"Mayoritas kejadian pohon tumbang dan menutup jalan, tetapi ada juga yang menimpa rumah warga seperti yang terjadi di Desa Pucang dan Watu Urip, termasuk pohon tumbang yang terjadi di wilayah Kecamatan Wanadadi," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto.

Selain itu, ada juga laporan kebakaran di Dusun Katangsari, Desa Paseh, Kecamatan Banjarmangu dan tanah longsor di wilayah Kecamatan Pagedongan dan Kecamatan Pagentan.

"Untuk total ada sekitar 15 kejadian yang dilaporkan, sedangkan untuk korban jiwa nihil, melihat kondisi seperti ini, maka pihaknya meminta masyarakat untuk tetap warpada, apalagi saat hujan mulai turun dengan intensitas sedang hingga tinggi," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut