get app
inews
Aa Read Next : PPK di Banjarnegara Terjang Lokasi Bencana Demi Antarkan Logistik Pemilu

SAB di Madukara Putus Total Usai Diterjang Longsor

Rabu, 29 Maret 2023 | 16:14 WIB
header img
Tim gabungan saat melakukan kerjabakti membersihkan material longsoran dari tebing setinggi 10 meter di Kecamatan Madukara Banjarnegara yang menimpa rumah warga, Rabu (29/3/2023). Foto. dok PMI Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Saluran Air bersih (SAB) warga di Dusun Siwadas, Desa Penawangan, kecamatan Madukara rusak setelah diterjang longsor, akibatnya saluran air bersih waga terhenti akibat banyaknya pipa yang rusak dan hilang terbawa arus.

Selain merusak saluran air bersih, longsor di Kecamatan Madukara Banjarnegara ini juga merusak dapur semi permanen rumah warga yang ada di Dusun Punggangan RT 1 RW 7, Desa Madukara, Kecamatan Madukara.

Putusnya saluran air bersih warga ini terjadi setelah bronjong penahan bak penampungan air bersih rusak terbawa longsor, kondisi ini menyebabkan bak penampungan air bersih rusak, longsor juga merusak pipa saluran air, sehingga SAB tidak berfungsi.

Selain itu, hujan lebat yang terjadi juga menyebabkan tebing setinggi 10 meter dengan lebar mencapai 8 meter ini longsor, material longsoran menimpa dapur semi permanen milik Toro, akibatnya atap dan pagar dapur rumah rusak.

Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara Aris Sudaryanto melalui kabid Kedaruratan dan Logistik Andri Sulistyo mengatakan, dengan kejadian ini, sejumlah relawan gabungan baik dari BPBD, PMI, Tagana, Dinsos, RAPI, TNI, Polri maupun masyarakat melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran.

"Tim gabungan bersama relawan masih mencoba melakukan pembersihan material longsoran, fokus pertama dengan melakukan pembenahan pipa saluran air bersih," katanya.

Dikatakanya, dengan cuaca yang masih ekstrem saat sore hari, dia meminta masyarakat untuk selalu waspada, apalagi saat hujan mulai turun dengan intensitas sedang hingga tinggi. Tetap waspada dan segera lapor jika terjadi bencana di wilayahnya.

"Untuk sementara, kebutuhan mendesak ini pipa untuk menyalurkan air bersih, termasuk bahan bangunan untuk membuat dapur warga yang rusak. Dan BPBD bersama dengan PMI, sert Dinsos Banjarnegara sudah mengirimkan bantuan kedaruratan seperti permakanan dan lainnya," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut