get app
inews
Aa Read Next : Sungai Brukah Kalibening Meluap. Banyak Bibit Padi Hanyut Terbawa Banjir

Jelang Hari Lahir Pancasila, Bambu Aji Kalibening Gelar Parade Ebeg

Rabu, 31 Mei 2023 | 17:59 WIB
header img
Ketua Bambu Aji Banjarnegara Tejo Sumarno bersama dengan penari ebeg di Kecamatan Kalibening. Foto. dok Bambu Aji

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Menyambut hari lahir Pancasila yang diperingati setiap 1 Juni, seniman embeg Banjarnegara yang tergabung dalam Bambu Aji Kecamatan Kalibening menggelar parade ebeg, kegiatan tersebut dilakukan di lapangan, Rabu (31/5/2023).

Ketua Bambu Aji Kecamatan Kalibening Musehat mengatakan, parade ebeg menyambut hari lahir Pancasila di wilayah Kecamatan Kalibening ini diikuti oleh 12 grup seni embeg yang ada di Kalibening, kegiatan ini merupakan bagian dari program Bambu Aji Banjarnegara dalam menghidupkan kembali eksistensi kesenian ebeg di Banjarnegara.

Menurutnya, kesenian ebeg merupakan satu bentuk kesenian tari daerah, dimana tarian ini memadukan antara seni tari yang dipadukan dengan kuda lumping dari anyaman bambu, para penari melakukan gerakan yang selaras dengan alunan musik gamelan khas jawa.

"Kita ingin memberikan ruang bagi para seniman ebeg di wilayah kami, dan kebetulan hal ini mendapatkan respon dari ketua Bambu Aji Banjarnegara. Semoga dari kegiatan ini, para pegiat kesenian kahs Banyumasan ini bisa terus eksis dan berkembang," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bambu Aji Banjarnegara Tejo Sumarno mengatakan, parade ebeg di Kecamatan Kalibening ini merupakan bagian dari nguri-uri budaya sekaligus memberikan hiburan masyarakat sekaligus mengenalkan seni budaya lokal pada generasi muda sebagai penerus bangsa.

"Kita tentu memiliki tanggungjawab dalam melestarikan seni budaya, dan pementasan ini merupakan bagian dari upaya mempertahankan serta mengenalkan budaya kesenian khas Banyumasan," ujarnya.

Menurutnya, Bambu Aji bersama dengan para seniman ebeg Banjarnegara juga akan terus berkomitmen untuk melestarikan dan menjaga eksistensi seni dan budaya. "Selain untuk hiburan, juga untuk melestarikan kesenian ebeg.  Sehingga generasi muda tertarik dan ikut melestarikan seni dan budaya," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut