get app
inews
Aa Read Next : Nikmati Sensasi Lari Atas Awan Bersama Etawalin di Dieng Run

Berkunjung ke Dieng, Puan Maharani Nikmati Embun Es dan Sunrise

Senin, 28 Agustus 2023 | 19:49 WIB
header img
Ketua DPR RI Puan Maharani saat mengunjungi Dieng.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Berkunjung ke Dieng Banjarnegara, Ketua DPR RI Puan Maharani menikmati embun es dan sunrise atas awan, paslnya saat berkunjung, suhu di dataran tinggi Dieng mencapai minus 1 derajat.

Rombongan Puan Maharani sampai ke puncak Dieng sekitar pukul 05.00 WIB, sehingga bisa menikmati empun es yang merupakan satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang beruntung saat berkunjung ke Dieng.

Empun upas atau salju biasa terjadi di dataran tinggi Dieng saat musim kemarau, namun adanya empun es tersebut tidak dapat diprediksi, hal ini membuat cucu dari Presiden RI pertama ini takjub dengan keindahan Dieng.

Kekaguman putri dari Megawati terhadap dataran tinggi Dieng ini saat dirinya berkunjung dan melihat langsung fenomena embun es. Tak hanya itu, dia juga menilai Dieng sangat eksotik, sebab selain udara yang sejuk, keberadaan kabut juga menjadikan fenomena sunrise menjali lebih indah.

Dia juga mengakui jika berkunjung ke Dieng memiliki sensasi tersendiri, bahkan dia juga mengabadikan dirinya saat kemunculan embun es di dataran tinggi Dieng.

"Di sini ada kabut dan juga embun es, ditambah dengan fenomena kemunculan awan saat matahari terbit, ini benar-benar bagus dan indah," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Puan juga mengunjungi dekat  stasiun cuaca otomatis atau Automatic Weather Station (AWS) milik BMKG yang berada di komplek candi Arjuna Dieng Banjarnegara yang menjadi lokasi utama tempat fenomena embun es sering terjadi.

Bahkan, cucu dari presiden pertama RI ini menyentuh langsung embun es yang berada di lokasi dan juga melihat langsung teh yang diletakkan di sekitar AWS yang saat itu berada dalam suhu minus 1 derajat.

"Pagi ini suhu di sini (Dieng) minus 1 derajat celcius, meski tidak sedingin hari-hari kemarin yang bisa mencapai minus 4 hingga 5 derajat, namun pagi ini masih ada embun es di sekitar candi Arjuna, sehingga ibu Ketua DPR RI ini bisa melihat langsung fenomena langka ini," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Wisata Dieng Uut Utami.

Dikatakannya, suhu di Dieng memang tergolong ekstrem saat puncak musim kemarau, bahkan pada 2019 lalu, suhu di Dieng pernah mencapai minus 9 derajat, dan ini menjadi paling dingin selama 10 tahun terakhir, dan saat itu keberadaam candi di Dieng benar-benar tertutup es.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut