get app
inews
Aa Read Next : Ramadan Berkah, Warga Binaan Rutan Banjarnegara Berkesempatan Bukber Bareng Keluarga

Hadir di MPP Kebumen, Mengurus JKN Lebih Mudah

Selasa, 06 Februari 2024 | 19:50 WIB
header img
Petugas BPJS saat memberikan layanan di MPP Kabupaten Kebumen

KEBUMEN,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, BPJS Kesehatan kini membuka layanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kebumen, hal ini tentu akan memudahkan masyarakat dalam mengurus Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Dany Saputro mengatakan, hadirnya BPJS di MPP ini merupakan satu upaya memudahkan dan memperluas kanal pelayanan bagi masyarakat, layanan tatap muka di MPP Kebumen ini semakin memudahkan akses masyarakat yang membutuhkan layanan BPJS Kesehatan.

"Adanya pelayanan di MPP Kebumen ini, kami berharap kaan semakin memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi JKN," katanya.

Menurutnya, beberapa jenis layanan yang dapat diakses di MPP Kebumen diantaranya pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan, pemberian informasi serta penanganan pengaduan peserta. Untuk jadwal pelayanan, loket dibuka setiap hari Rabu mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB. 

"Kami masih mengupayakan agar waktu pelayanan di MPP dapat ditambahkan. Sehingga masyarakat yang hendak mengakses pelayanan JKN akan lebih mudah. Masyarakat bisa langsung datang ke loket MPP Kebumen sesuai dengan jadwal yang telah ada. Pelayanan yang diberikan tentunya sama dengan pelayanan yang dirasakan peserta ketika datang ke kantor cabang," ujarnya.

Dikatakannya, hadirnya pelayanan JKN di MPP Kebumen ini merupakan satu bentuk kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Kebumen bersama dengan BPJS Kesehatan. Ia pun mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk memberikan pelayanan publik yang prima bagi masyarakat Kebumen.

"MPP Kebumen yang sudah berjalan kurang lebih tiga tahun ini merupakan bentuk kerjasama yang baik dengan Pemkab Kebumen dan kami harap dapat terus berlanjut ke depannya," katanya.

Selain pelayanan di MPP, BPJS Kesehatan juga telah membukan kanal layanan non tatap muka. Kanal layanan non tatap muka ini dapat dijadikan alternatif bagi masyarakat yang terkendala jarak dan waktu untuk mengakses layanan tatap muka. Kanal layanan non tatap muka ini diantaranya Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), Aplikasi Mobile JKN, Care Center 165, Chat Asistant JKN (CHIKA) dan website BPJS Kesehatan. 

"Kanal layanan ini dapat diakses melalui gawai masing-masing Peserta JKN, karena berbasis digital. Oleh karena itu, masyarakat dari berbagai kalangan dapat dengan mudah memanfaatkan kanal layanan ini," ujarnya.

Pada kesempatan yang berbeda, peserta JKN yang mengakses layanan MPP Kebumen, Putra Inggar Zainurrahmat (26) mengatakan, hadirnya layanan BPJS Kesehatan di MPP Kebumen ini dapat memudahkan masyarakat yang ingin mengaskes layanan JKN. Menurutnya, pelayanan di MPP dapat menjadi alternatif bagi masyarakat yang membutuhkan layanan administrasi JKN. 

"Mudah jadinya, karena selain ada pelayanan JKN, ada layanan publik lainnya di MPP Kebumen ini. Ini juga ke loket JKN setelah urus pembayaran pajak juga, jadi tidak perlu bolak balik gitu karena sudah jadi satu gedung pelayanannya," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut