get app
inews
Aa Read Next : Metode 4 Pilar Pembelajaran Pesantren Mumtaza Banjarnegara Patut ditiru Ponpes Lain

Baruna, Tim Debutan Yang Bikin Kejutan di Kejurnas Bola Voli U-17

Senin, 01 Juli 2024 | 16:35 WIB
header img
Tim Baruna Banjarnegara saat menerima penghargaan sebagai peringkat 4 Kejurnas bola voli U-17 2024.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Tim bola voli asal Banjarnegara yang menjadi debutan dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) bola voli U-17 di Yogyakarta mampu memberikan kejutan bagi tim-tim kuat yang berlaga di ajang tersebut.

Sebagai tim debutan, Baruna mengawali laga dengan kekalahan atas Elektrik PLN di putaran grup, namun anak-anak Banjarnegara ini mampu membuktikannya dengan memenangi semua laga sisa putaran grup dan berhak lolos ke babak delapan besar.

Baruna yang datang pada Kejurnas bol avoli U-17 sebagai juara di Kejurprov dan menjadi wakil jawa tengah ini sama sekali tidak diunggulkan, terlebih laga perdana Baruna mengalami kekalahan 3-0 atas Elektrik PLN.

Namun, Baruna yang lahir dari ekstra kurikuler sekolah ini membuktikan bahwa tim debutan tidak bisa dianggap remeh, tak hanya itu, Baruna Banjarnegara juga sukses mengukir sejarah dengan menjadi perngkat 4 dalam Kejuaraan nasional bola voli U-17 yang digelar di Yogyakarta, 24-30 Juni kemarin.
Anak-anak Banjarnegara in gagal melaju ke babak final setelah kalah dari tim bertabur bintang Pasundan dengan skor 2-3, dan harus mengakui keunggulan tuan rumah Yuso Yogyakarta di perebutan tingkat ke 3 dengans kot 3-0.


Skuat Baruna di Kejurnas bola voli U-17 2024.
 

Baruna yang merupapakan tim debutan dalam Kejurnas bola voli ini mampu membuat kejutan bagi tim-tim lawan, bahkan tim yang terbentuk dari ekstra kurikuler sekolah ini mampu menumbangkan tim kuat asal Banten Cinus VC di babak delapan besar dan memastikan tiket semifinal.

Pada babak semi final, Baruna sempat memberikan perlawanan sengit dengan tim tangguh Pasundan, bahkan Baruna sempat bangkit dengan meraih kemenangan di set ke dua dan tiga, sayangnya performa anak didik Arif Kuslianto ini gagal mempertahankan pola permainan hingga kembali harus mengakui keunggulan tim lawan di babak ke empat sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-2, dan Pasundan kembali menguasi set ke lima dan menutup mengakhiri pertandingan dengan skor 15-12.

Melawan tim kuat dan bertabur bintang membuat anak-anak Baruna tampil kurang percaya diri pada babak pertama, hal ini terlihat saat Pasundan menguasai jalannya set pertama dengan kemenangan 25-18.

Memasuki set ke dua, anak-anak Baruna tampil lepas, pola permainan semakin meraik, aksi jual beli serangan dengan bola-bola cepat mampu dimainkan kedua tim, beban justru berbalik bagi tim Pasundan yang datang sebagai tim yang diunggulkan pada Kejurnas ini. Baruna sukses mengambil dua set langsung untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1 untuk Baruna.

Ketua KONI Banjarnegara Nurohman Ahong mengatakan, meski gagal masuk final dan harus puas di peringkat empat, perjuangan anak-anak Baruna patut diapresiasi, sebab Baruna adalam tim debutan yang paling minim pengalaman dibanding tim di Kejurnas U-17 ini.

Bahkan, secara realistis, tim ini hanya ditarget masuk 8 besar, tetapi anak-anak Baruna mampu membuktikan dengan meberut peringkat 4. “Ini sangat luar biasa, dan tentu kami bangga dengan perjuangan anak muda ini,” ujarnya.

Menurutnya, tim ini masih terlalu muda, namun sudah mampu membuat gebrakan baru di Kejurnas, dan ini menjadi satu hal positif dalam perkembangan bola voli Banjarnegara ke depan.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut