Jembatan Ambrol, Akses Ekonomi dan Pendidikan di Banjarmangu dan Punggelan Terhambat

Elis Novit
Kondisi jembatan penghubung dua kecamatan di Banjarnegara terputus akibat meluapnya sungai Kacangan. (foto. Elis Novit)

BANJARNEGARA, iNewsBanjarnegara.id -Akibat meluapnya Sungai Kacangan menyebabkan jembatan penghubung antara Kecamatan Banjarmangu dan Punggelan di Banjarnegara ambruk, padahal jembatan tersebut merupakan akses ekonomi dan pendidikan warga sekitar.

Jembatan dengan lebar 7 meter dan panjang 100 meter ambruk setelah sisi fondasi penyangga tergerus derasnya aliran sungai. Kondisi ini menyebabkan akses kendaraan saat ini terputus total, warga yang menggunakan kendaraan harus memutar sejauh 20 kilometer. 

Sementara warga yang akan menuju lahan pertanian di seberang sungai saat ini harus menantang maut dengan melewati jembatan dan menggunakan tangga menuruni fondasi jembatan yang sewaktu-waktu bisa ambruk dan longsor.  


Kondisi jembatan penghubung dua kecamatan di Banjarnegara terputus akibat meluapnya sungai Kacangan. (foto. Elis Novit)

“Kami berharap jembatan bisa segera di perbaiki karena menjadi akses ekonomi warga dan jalan menuju ke sekolah bagi pelajar,” kata Alif warga setempat.

Terkait kondisi jembatan saat ini, Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Banjarnegara sudah melalukan survei lokasi dan pengecekan kondisi jembatan ambruk. Namun karena anggaran perbaikan baru turun di tahun 2023, saat ini belum bisa dilakukan pengerjaan.

"Untuk perbaikan jembatan akan dilakukan tahun 2023, dan pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar untuk pembangunan secara menyeluruh. Untuk sementara akses jalan ditutup total," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network