Jutaan Kerang Engsol Terdampar di Pantai Pemalang, Ini Penyebabnya

Redaksi
Sejumlah warga mengumpulkan jutaan kerang yang terdampar di pesisir pantai Pemalang, Jumat (25/12/2022). foto. iNews.id

PEMALANG, iNewsBanjarnegara.id - Warga masyarakat yang tinggal di pesisir pantai dikejutkan dengan kemunculan jutaan kerang engsol yang bertebaran di tepi Pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang, Minggu (25/12/2022).

Fenomena ini, membuat mereka seakan panen raya kerang engsol atau kerang bokol. Jutaan kerang ini berceceran di sepanjang pantai, kuat dugaan kerang-kerang ini terhempas ombak setelah lumpur permukaan bawah laut terhempas, akibatnya keberadaan kerang yang ada di dasar lumpur tersebut ikut terangkat hingga permukaan dan bertebaran di pantai.

Bagi masyarakat pesisir pantai dan nelayan, fenomena ini merupakan satu keberkahan, apalagi saat cuaca tidak menentu seperti saat ini, ombak besar yang terjadi membuat para nelayan tidak bisa melaut, kemunculan kerang-kerang ini tentu menjadi satu pilihan untuk mengasi rezeki.

Dikutip dari iNews.id, kerang-kerang ini, selain untuk dikonsumsi bersama keluarga, juga untuk dijual ke pasar. Fenomena ini merupakan hal yang biasa terjadi saat musim ombak besar tiba. "Bagi kami hal ini sudah biasa, jutaan kerang ini muncul saat ombak besar tiba, dan jutaan kerang ini terbawa ombak hingga ke pesisir pantai," kata Mualif (45) warga setempat.

Menurutnya, saat musim angin atau baratan, banyak nelayan tidak bisa melaut karena ombak besar dan angin kencang, dan ombak besar ini mengangkat lapisan lumpur laut hingga membawa kerang yang ada di dalamnya.

"Kalau musim ombak besar biasa seperti ini (jutaan kerang terdampar), warga juga biasa memungut kerang tersebut, ada yang bisa sampai dapat 2 atau bahkan 3 karung," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network