Tingkatkan Kemampuan Menulis, Siswa SMPN 1 Banjarnegara Ikuti Pelatihan Jurnalistik

Syarif TM
Penyampaian materi dalam pelatihan jurnalistik SMPN 1 Banjarnegara, Jumat (10/2/2023). Foto. dok SMPN 1 Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa terus dilakukan oleh SMPN 1 Banjarnegara, termasuk dengan menggandeng insan media dalam pelatihan jurnalistik, Jumat (10/2/2023).

Kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah ini menggandeng jurnalis Banjarnegara untuk berbagi ilmu dalam dunia menulis berita. Hal ini dilakukan seiring dengan tim jurnalis siswa yang akan menerbitkan majalah sekolah Cakrayudha.

"Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program literasi sekolah jelang penerbitan majalah Cakrayudha yang bersiap untuk bermetamorfosis dari cetak menuju digital," kata wakil kepala SMPN 1 Banjarnegara Teguh Riyanto.

Menurutnya, dengan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan menulis siswa, termasuk mengenal tentang pemberitaan yang ada di media digital, sekaligus mendukung kegiatan siswa dalam memanfaatkan gawai dan berinteraksi melalui media sosial.

Dikatakannya, pelatihan jurnalistik ini juga menjadi ruang bagi siswa yang memiliki bakat dalam dunia literasi. Tak hanya itu, mereka juga diajak untuk mengenal karakertistik tulisan, kode etik, hingga praktik dalam wawancara, pembuatan dan pengolahan berita.


Guru SMPN 1 Banjarnegara saat memberikan materi dalam LDK bagi pengurus Osis di lingkungan sekolah, Jumat (10/2/2023). Foto. dok SMPN 1 Banjarnegara.
 

"Kami berharap, dari kegiatan ini anak-anak bisa memiliki semangat lebih banyak dalam kegiatan berliterasi," katanya.
Selain kegiatan pelatihan jurnalistik, sekolah juga menggelar Latihan Dasar Kepmimpinan (LDK) bagi pengurus Osis yang baru dilantik, mereka mendapatkan materi terkait organisasi sekolah.

"Agenda kita tidak hanya materi dalam kelas, tetapi juga ada kegiatan out bond yang akan dilakukan Sabtu (11/2/2023) di The Pikas Artventure Banjarnegara," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network