Alun-alun Banjarnegara Banjir Sampah, Ratusan Siswa SMPN 1 Bantu Petugas Kebersihan

Syarif TM
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara bersama dengan jajaran guru dan siswa SMPN 1 Banjarnegara saat ikut membantu petugas kebersihan Kabupaten Banjarnegara membersihkan sampah di Alun-alun Banjarnegara, Senin (27/2/2023). Foto. iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai bentuk kepedulian sesama dan kebersihan terhadap lingkungan, ratusan siswa dan guru SMPN 1 Banjarnegara terjun langsung membersihkan sampah yang berserakan di Alun-alun Banjarnegara, Senin (27/2/2023).

Ratusan siswa dan guru dari SMPN 1 Banjarnegara berbaur menjadi satu bersama dengan petugas sampah dari Pemkab Banjarnegara guna membersihkan sampah siswa pesta panggung hiburan dangdut peringatan hari jadi Banjarnegara ke 452 tahun 2023.

Masalah kesadaran masyarakat dalam membuang sampah memang masih sangat rendah, terbukti meski sudah disediakan tempat sampah di setiap sudut Alun-alun Banjarnegara saat puncak peringatan hari jadi Banjarnegara, ternyata masih saja banyak yang membuang sampah sembarangan, sehingga Alun-alun Banjarnegara dipenuhi dengan sampah.

Sebagai bentuk kepedulian, ratusan siswa dan guru SMPN 1 Banjarnegara turun langsung dan ikut membersihkan sampah yang berserakan di Alun-alun Banjarnegara, tidak hanya petugas kebersihan, siswa, guru, serta Kepala Dinas Pendidikan pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara juga terjun langsung ikut membersihkan sampah yang berserakan di pusat Kota Banjarnegara ini.

Kepala SMPN 1 Banjarnegara M masduki rahmat mengatakan, melihat banyaknya sampah yang ada di Alun-alun serta keterbatasan petugas kebersihan yang ada, maka pihaknya berinisiatif menggerakkan seluruh siswa dan guru untuk ikut bersama-sama membersihkan sampah yang ada.


Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banjarnegara terjun langsung bersihkan sampah di Alun-alun Banjarnegara, Senin (27/2/2023). Foto. dok SMPN 1 Banjarnegara.
 

"Kami kerahkan seluruh keluarga sekolah, tidak hanya siswa, tetapi juga guru dan karyawan. Apalagi lokasi tersebut ada di depan sekolah kami, sehingga kami mengerahkan semua siswa," katanya.

Sementara itu, guru pendamping yang juga koordinator kegiatan siswa bersih-bersih Alun-alun Banjarnegara Haryani mengatakan, kesadaran masyarakat akan sampah memang masih perlu mendapatkan edukasi, sehingga kejadian seperti ini tidak terulang, apalagi sebenarnya beberapa sudut sudah disediakan tempat untuk membuang sampah, hanya saja banyaknya masyarakat yang hadir saat puncak perayaan hari jadi Banjarnegara membuat sampah ikut berserakan.

Dengan jumlah petugas kebersihan yang terbatas, tentu tidak mudah dalam membersikan sampah yang ada di Alun-alun Banjarnegara, sehingga atas izin dan instruksi dari kepala sekolah, pihaknya mengerahkan semua siswa dan guru SMPN 1 Banjarnegara.

"Kami ingin mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama peduli kebersihan, sehingga kami turun langsung. Tidak hanya itu, saat pelaksanaan kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara juga ikut terjun berbaur bersama siswa dan petugas kebersihan membersihkan Alun-alun," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network