Belum Sempat Ditangani, Talud SDN Gunungjati Kembali Ambrol

Syarif TM
Talud penahan bangunan SDN 2 Gunungjati ambrol setelah diterjang hujan sengan intensitas tinggi pada, Jumat (28/4/2023). Foto. dok RAPI Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Belum sempat mendapatkan pengananan setelah terjadinya longsor yang menyebabkan talud pengaman bangunan SDN 2 Gunungjati mbrol pada akhir tahun lalu, bangunan sekolah tersebut makin terancam setelah talud pengamaman tersebut kembali ambrol pada Jumat (28/4/2023).

Kejadian tersebut saat wilayah Banjarnegara diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sejak sore hingga malam hari. Akibatnya, talud pengaman bangunan sekolah kembali ambruk dan menutup akses jalan warga.

Sejumlah warga bersama dengan para relawan gabungan melakukan kerja bakti untuk membersihkan material longsoran yang menutup akses warga agar akses jalan bisa kemblai dilalui warga.

Sebelumnya, talud setinggi 5 meter tersebut juga ambrol dengan panjang sekitar 15 meter pada Desember 2022 dan belum sempat dilakukan perbaikan, kali ini sisi kanan talud tersebut kembali ambrol, sehingga semakin menambah ancaman bagi bangunan sekolah tersebut.

Koordinator relawan RAPI Banjarnegara Tejo Sumarno mengatakan, sesaat sebelum kejadian, wilayah Banjarnegara diguyur hujan dengan intensitas tinggi, tak beselang lama, sekitar pukul 22.30 WIB, warga mendengar suara gemuruh, ternyata talud sekolah tersebut kembali ambrol dan menutup akses jalan warga.

Abrolnya talud penahan bangunan sekolah yang ada di Desa Gunungjati RT 003 RW 002 Kecamatan Pagedongan ini menganggu akses jalan, untuk menghindari longsr susulan, dibantu oleh warga setempat bersama dengan petugas gabungan dan relawan dari BPBD, PMI, dan RAPI Banjarnegara melakukan pembersihan material dan menutup tebing yang longsor dengan menggunakan terpal.

"Langkah ini untuk pencegahan agar air tidak langsung meresap pada tanah yang longsor," katanya.

Kepala SDN 2 Gunungjati, Sugiman mengatakan, longsor yang menyebabkan talud penahan bangunan sekolah ini menambah ancaman bagi gedung sekolah, dia juga mengatakan jika talud tersebut masuk dalam bangunan sekolah sebagai pembatas dan pengaman bangunan. Sehingga ambrolnya talut tentu bisa berimbas pada bangunan sekolah. 

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network