Ini Cara SMAN 1 Sigaluh Rayakan Hardiknas

Syarif TM
Para siswa SMAN 1 Sigaluh saat mengikuti lomba dalam rangka Hardiknas tahun 2023 di lingkungan sekolah, Selasa (2/5/2023). Foto. dok SMAN 1 Sigaluh

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Banyak cara dilakukan untuk memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, seperti yang dilakukan para siswa SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara dengan menggelar aneka lomba di lingkungan sekolah, Selasa (2/5/2023).

Beberapa lomba yang digelar para siswa merupakan lomba yang bertemakan kolaborasi, seperti lomba menggambar dengan jaring laba-laba sepidol, pindah bola dengan sarung, estafet lempar balon air, hingga lomba aneka lomba lainnya.

Koordinator lomba Adi Riski Hidayat mengatakan, lomba-lomba yang diadakan dalam rangka memeriahkan Hardiknas ini memang sengaja digelar dengan mengedepankan tema kolaborasi, gotong royong antar siswa dan merdeka belajar. 

Menurutnya, setiap lomba yang digelar ini memiliki makna dan tujuan tertentu, seperi halnya lomba menebalkan gambar dengan spidol berjaring, lomba ini merupakan perwujudan filosofi pendidikan dari Ki Hajar Dewantara, dimana setiap anak sudah memiliki garis-garis kodrat dan potensinya masing-masing. Peran sekolah mustinya dapat menebalkan garis itu, mengoptimalkan potensi siswa yang ada pada setiap siswa.

"Dalam kegiatan ini juga ada lomba menggambar bebas, hal ini sejalan dengan merdeka belajar yang mengacu pada proses maupun produk karya seni sesuai minat dan bakat siswa," katanya.

Sementara itu, Ketua OSIS SMAN 1 Sigaluh Raffi Gayuh Al Atha mengatakan, bahwa lomba-lomba yang dilaksanakan kesemuanya dalam rangka melatih kerjasama, gotong royong dan juga kreativitas siswa. 

"Intinya kita ingin memeriahkan Hari Pendidikan Nasional," katanya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network