Hardiknas, Pj Bupati Banjarnegara Ajak Semua Dukung Merdeka Belajar

Syarif TM
Dandim 0704 Banjarnegara saat menyerahkan piagam pada pemenang lomba Hardiknas tahun 2023 usai upacara hardiknas di Alun-alun Banjarnegara, Rabu (3/5/2023). Foto. dok Kominfo

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 ini diharapkan mampu menjadi tolok ukur keberhasilan kurikulum merdeka belajar yang sedang digencarkan oleh pemerintah.

Hal ini sesuai dengan tema Hardiknas tahun 2023 yakni 'Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar'. Hal ini diungkapkan oleh Pj Bupati Banjarnegara dalam peringatan Hardiknas tahun 2023 di Alun-alun Banjarnegara, Rabu (3/5/2023).

Menurutnya, merdeka belajar merupakan sebuah penjabaran dari cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas dan berkarakter. Sehingga mampu membawa bangsa ini melompat ke masa depan dengan pendidikan merdeka.

Saat ini sudah ada sekitar 24 episode merdeka belajar yang diluncurkan, hal ini menjadikan semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat, dan potensi peserta didik.

"Kami mengajak semua pihak untuk merayakan transformasi masif gerakan merdeka belajar. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Banjarnegara Teguh Handoko mengatakan, upacara peringatan Hardiknas ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan Hardiknas tahun 2023. Tak hanya itu, dalam momenum ini juga dilakuan dengan aktifitas seni dan senam bersama yang diikuti oleh para murid Pendidikan Usia Dini (PAUD) hingga tingkat sekolah dasar.

"Untuk senam bersama dengan bunda Paud ini diikuti oleh sekitar 1.800 anak, ada juga lomba menyusun dan melengkapi gambar, termasuk penampilan sandra tari oleh 250 murod SD dari masing-masing korwil," ujarnya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network