Kampanyekan Peduli Sampah, Siswa SMAN 1 Sigaluh Keliling Kampung

Syarif TM
Siswa SMAN 1 Sigaluh saat kampanye peduli sampah di lingkungan sekitar sekolah, Rabu (14/6/2023). Foto. dok SMAN 1 Sigaluh.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai upaya untuk mengampanyekan hidup bersih dan sehat, serta kesadaran masyarakat terhadap sampah, sejumlah siswa SMAN 1 Sigaluh Banjarnegara melakukan keliling kampung sembari mengampanyekan peduli sampah, Rabu (14/6/2023).

Kegiatan tersebut dilakukan selain untuk pembelajaran dan mengajak masyarakat peduli lingkungan, juga menjadi bagian dari kegiatan P5 siswa sesuai dengan amanat kurikulum merdeka.

Para siswa ini berkeliling dengan membentangkan beberapa poster bertuliskan kepedulian lingkungan dan kebersihan, termasuk peduli sampah. Mereka juga mengajak masyarakat untuk menjadikan kebersihan dan kesehatan lingkungan serta peduli sampah sebagai gaya hidup berjelanjutan.

Dalam kegiatan ini, para siswa berkeliling dengan membawa poster serta pengeras suara, mereka mendatangi berbagai lokasi atau fasilitas umum seperti perkantoran, sekolah, pondok pesantren, dan beberapa tempat yang berpotensi terjadinya penumpukan sampah karena banyaknya warga melakukan aktifitas di lokasi tersebut.

Selain itu, mereka juga memungut sampah yang ditemui sepanjang jalan. Sampah tersebut kemudian dikumpulkan dan akan dikelola di bank sampah sekolah yang sudah dikelola oleh para siswa SMAN 1 Sigaluh.

Koordinator P5 SMAN 1 Sigaluh Heni Purwono mengatakan, kegiatan ini merupakan aksi nyata siswa sebelum melaksanakan gelar karya yang akan dilaksanakan besok.

 "Jadi selama dua pekan terakhir siswa sudah belajar tentang sampah dan pengelolaannya. Mereka tidak hanya belajar di kelas bersama guru pembimbing P5, namun juga belajar melalui sumber yang ada di internet, bahkan belajar di lapangan bersama praktisi pengelola sampah yang sudah berpengalaman," katanya.

Menurutnya, setelah itu apa yang mereka pelajari, kemudian dikampanyekan agar manfaatnya juga diketahui masyarakat lingkungan sekolah. Tak cukup sampai di situ, para siswa juga nantinya harus melaksanakan pameran serta presentasi terkait hasil dari pengelolaan sampah.

"Harapan kita, karena temanya Gaya Hidup Berkelanjutan, tindak lanjut kegiatan ini, bank sampah sekolah berjalan dengan istiqomah. Dan ini akan menjadi bank sampah sekolah pertama di Banjarnegara. Siswa akan menjadikan kebiasaan memilah sampah dan mengumpulkan sampah yang masih bisa didaur ulang menjadi sebuah gaya hidup," katanya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network