Dorong Warga Sekolah Peduli Lingkungan dengan Adiwiyata

Syarif TM
Sosialisasi terkait sekolah adiwiyata di Kabupaten Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sebagai upaya untuk mendorong kepedulian terhadap lingkungan, Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPKPLH) melakukan sosialisasi terkait sekolah adiwiyata.

Keberadaan sekolah adiwiyata merupakan satu upaya untuk mendorong warga sekolah untuk peduli dan bersama-sama melestarikan lingkungan. Sehingga akan tumbuh kesadaran keluarga sekolah dan siswa dalam menyintai lingkungan.

Plt Kepala DPKPLH Banjarnegara Tulus Sugiharto mengatakan, adiwiyata merupakan satu upaya untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup, sehingga sekolah menjadi tempat yang nyaman dalam proses belajar mengajar.

"Sekolah layaknya rumah kedua bagi anak didik, oleh karena itu lingkungan yang bersih dan nyaman perlu diciptakan oleh warga sekolah," katanya.

Menurutnya, sekolah adiwiyata akan mendorong para warga sekolah untuk lebih peduli dan bertanggung jawab terhadap pelestarian lingkungan hidup baik di dalam maupun di luar sekolah.

"Apalagi di Banjarnegara pada musim- musim tertentu mengalami kendala seperti kekeringan dan tanah longsor," katanya.

Sementara itu, Kabid Lingkungan Hidup DPKPLH Banjarnegara Tutus Liyanto mengatakan, saat ini sudah ada sekitar 28 sekolah di Banjarnegara yang sudah mendapatkan penghargaan adiwiyata, baik tingkat mandiri, kabupaten maupun provinsi.

"Untuk saat ini ada 10 sekolah yang menjadi calon sekolah adiwiyata tingkat kabupaten," ujarnya.

Dikatakan, sekolah-sekolah di Kabupaten Banjarnegara berhasil meraih penghargaan adiwiyata atas upaya mereka dalam peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah, serta memiliki perilaku ramah lingkungan hidup yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Sekolah adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan gerakan tersebut dengan baik," katanya.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network