Bekali Siswa, SMKN 1 Bawang Datangkan Praktisi Untuk Bikin Pakan Ikan Berbahan Lokal dan Bermutu

Syarif Tahmid
Para siswa SMKN 1 Bawang saat praktik membuat pakan ikan

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Demi meningkatkan kualitas dan kemampuan siswa terus dilakukan oleh SMKN 1 Bawang, termasuk dengan menghadirkan guru tamu sekaligus praktisi sesuai dengan kompetensi jurusan yang ada di sekolah, Selasa (21/5/2024).

Kali ini, para siswa SMKN 1 Bawang jurusan Agribisnis Perikanan mendapatkan pelatihan langsung untuk membuat pakan ikan berbahan baku lokal. Para siswa ini dilatih agar dapat memanfaatkan memproduksi pakan ikan dengan biaya murah tetapi berkualitas tinggi.

Kepala SMKN 1 Bawang Supriyadi mengatakan, sebagai lembaga pendidikan yang memiliki jurusan Agribisnis Perikanan, pihak sekolah sengaja menghadirkan guru tamu yang merupakan seorang praktisi, hal ini dilakukan untuk menambah kompetensi keahlian siswa dalam meningkatkan kemampuannya.

"Kita hadirkan prakrisi spesialis produksi pakan ikan berkualitas, harapannya para siwa ini mampu membuat pakan ikan berkualitas dari bahan yang mudah didapat, namun tidak mengurangi kualitas pakan, baik dari nutrisi maupun lainnya," katanya.

Dengan hadirnya praktisi pembuat pakan ikan ini, para siswa akan langsung praktik membuat pakan ikan secara menyeluruh, mulai dari pemilihan bahan, komposisi nutrisi, gizi yang disesuaikan dengan kebutuhan ikan, hingga menjadi produk pakan ikan berkualitas.

Menurutnya, pelatihan ini menjadi penting bagi para siswa, sehungga nantinya mereka dapat mengembangkan teknologi produksi pakan ikan dengan biaya murah, namun berkualitas tinggi, sebab ini menjadi penting agar pakan ikan yang diproduksi ini memiliki mutu yang tinggi.

"Dari pelatihan ini, kami mengharapkan anak-anak mampu menerapkan teknologi sederhana dan menciptakan pakan ikan alternatif yang dapat menjadi satu solusi dari sekian banyak persoalan yang menyangkut pakan ikan," ujarnya.

Jika melihat bahan pembuatan pakan ikan sebenarnya sangat sederhana, bahkan beberapa bahan sangat mudah didapat seperti tepung roti, tepung jagung, dan tepung ikan. Barang-barang tersebut diolah sesuai dengan komposisi yang ditetapkan, sehingga akan muncul pakan ikan berkualitas dengan beberapa gride.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network