get app
inews
Aa
Read Next : Ada Enam Lokasi Pos Pengamanan Nataru Polres Banjarnegara 

Masjid Baiturrahman Semarang Jadi Tempat Ibadah Sekaligus Wisata Religi

Selasa, 10 Januari 2023 | 19:25 WIB
header img
Bersama para tokoh agama, wakil gubernur jawa tengah meninjau masjid raya Baiturrahman usai direnovasi. Masjid ini tidak hanya tempat beribadah, tetapi juga sebagai pusat kajian islam dan wisata religi. Foto. dok Pemprov Jateng

SEMARANG, InewsBanjarnegara.id-Usai renovasi, masjid raya Baiturrahman yang merupakan icon jawa tengah merupakan satu tempat ibadah sekaligus sebagai destinasi wisata religi. Bukan tanpa alasan, selain megah dan indah, masjid yang berada di kawasan simpang lima Semarang ini memiliki nilai dan history sejarah yang menarik.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mengatakan, dengan wajah baru setelah direnovasi, masjid raya ini menjadi lebih nyaman bagi umat muslim dalam beribadah, tak hanya itu keberadaan taman dan air mancur dan adanya area publik ini juga menjadi tempat yang indah.

"Sekarang orang tidak lagi ke masjid hanya untuk parkir, tetapi ingin berwisata sekaligus meningkatkan keimanan di masjid. Ini sebuah kebanggaan, kalau dahulu parkir kemudian berwisata ke mal-mal yang ada di depan masjid, sekarang anak-anak lebih senang bermain di masjid untuk melihat keindahan masjid, syukur-syukur ada edukasi di depan masjid," katanya.

Selain untuk melaksanakan ibadah salat, Masjid Baiturrahman juga menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan. Mulai dar pengajian rutin, program kajian, membuka stand Ngaji On The Street saat car free day, dan sebagainya. Bahkan, akan lebih baik jika ada juga kegiatan mengaji outdoor atau dekat kolam air mancur agar para peserta lebih menikmati dalam menyerap ilmu.

Wagub Taj Yasin menambahkan, keberadaan Masjid Raya Baiturrahman di depan Lapangan Pancasila merupakan salah satu masjid yang menjadi kebanggan Jateng, karena sarat sejarah. Terlebih selama banyak yang paham bahwa Masjid Baiturrahman bukan Masjid Agung Kota Semarang maupun Masjid Agung Jawa Tengah.

Dikatakannya, keberadaan Masjid Agung Kauman, Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Agung Jawa Tengah di Jalan Gajah Raya Semarang merupakan simbol-simbol keagamaan dimiliki Jateng yang wajib disyukuri. Keberadaan bangunan bersejarah sebagai tempat beribadah umat muslim itu, merupakan cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi Jateng menyambut gembira adanya pemugaran dan perbaikan Masjid Baiturrahman, sebab masjid ini cagar budaya yang dilindungi," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut