get app
inews
Aa Read Next : Meriah Semarak 40 Tahun Smansa Perjaka Banjarnegara

Siswa SMAN 1 Purwareja Klampok Nobar Film Pendek di Sekolah

Jum'at, 17 Februari 2023 | 10:44 WIB
header img
Para siswa saat melakukan nobar film pendek karya siswa di SMAN 1 Purwareja Klampok Banjarnegara, Jumat (17/2/2023). Foto. dok.SMAN 1 Klampok

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Sejumlah siswa dari SMAN 1 Purwareja Kalmpok melakukan aksi nonton bareng film pendek karya siswa di lingkungan sekolah, Jumat (17/2/2023).
Kegiatan nonton bareng tersebut merupakan bagian dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang merupakan bagian dari kurikulum merdeka. Film yang diputar merupakan karya siswa yang bertemakan layanan masyarkat tentang kesehatan mental, penolakan aksi bullying atau perundungan, pergaulan bebas dan pola hidup sehat bagi generasi muda.

Kepala SMAN 1 Purwareja Klampok Linovia Karmelita mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari aksi siswa yang melakukan penolakan terhadap aksi bullying. Dimana para siswa membuat dan menuangkan ide serta kreatifitas dalam bentuk film pendek.

"Ada 40 karya siswa yang kita putar dan tonton bersama, film-film tersebut memiliki pesan dan edukasi bagi generasi muda, khususnya dalam menjalankan hidup bersih dan sehat serta sisi buruk akibat perundungan atau bullying," katanya.

Menurutnya, pemutaran film pendek dan nobar ini menjadi bagian dari pembelajaran yang diamanatkan dalam kulikulum merdeka. Melalui kegiatan ini, para siswa dituntut untuk lebih kreatif dalam menyuguhkan karya yang memiliki pesan dan nilai sosial, budaya serta pendidikan yang baik, sebab model layanan dalam film ini disesuaikan dengan usia siswa, sehingga pesannya akan lebih difahami dan dimengerti oleh siswa.

"Film dimanfaatkan sebagai media penyampaian pendidikan karakter karena lebih mudah dipahami oleh siswa. Pada prinsipnya, pembuatan film ini tidak sekadar untuk melaksanakan atau menyelesaikan tugas, tetapi sebagai sebuah karya untuk memberikan pesan moral dan pendidikan bagi yang melihatnya," ujarnya. 

Dikatakannya, tontonan film karya siswa ini merupakan bagian dari pendidikan karakter yang paling mudah merasuk ke dalam pikiran dan jiwa anak-anak milenial seperti sekarang ini. Melalui film, anak-anak belajar berbagai hal positif yang akan berguna bagi kehidupannya kelak. 

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut