get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Festival Literasi Untuk Dekatkan Buku dengan Masyarakat

Senin, 27 Februari 2023 | 20:01 WIB
header img
Pj bupati Banjarnegara mengukuhkan bunda literasi sebagai satu sarana untuk mendukung dan meningkatkan minat baca masyarakat dalam Festival Literasi di Pendopo Banjarnegara, Senin (27/2/2023). Foto. dok Kominfo Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Upaya untuk memberikan pelayanan serta mendekatkan masyarakat dan memudahkan masyarakat dalam mengakses buku sebagai penambah literasi dan wawasan, bersama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menggelar Festival Literasi di Pendopo Dipayudha Banjarnegara, Senin (27/2/2023).

Festival Literasi tersebut merupakan upaya tansformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Kegiatan tersebut menjadi bagian dan upaya Perpusnas dalam penyediakan dan mendekatkan buku-buku ilmu terapan kepada masyarakat, terutama yang termarginalkan.

Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando mengatakan, tujuan program tersebut adalah untuk mendukung upaya penguasaan akses ilmu pengetahuan, meningkatkan kreativitas dan inovasi masyarakat. Perpustakaan memiliki peran penting dalam menjamin akses ilmu pengetahuan demi peningkatan kualitas hidup masyarakat.

"Kita fokus pada transfer knowledge dengan menyediakan buku-buku ilmu terapan dan pelatihan sampai bisa, sehingga masyarakat mampu menciptakan usaha-usaha mikro untuk meningkatkan pendapatan dan menolong rumah tangganya," katanya.

Menurutnya, satu prioritas pemerintah dalam pembangunan adalah pada sumber daya manusia, termasuk peningkatan literasi untuk mewujudkan manusia yang berpengetahuan. Masyarakat membutuhkan buku-buku ilmu terapan, sebagai upaya dalam meningkatkan kapasitas, memotivasi diri untuk mengembangkan kemampuan agar lebih maju, sejahtera dan bermartabat.

"Ketika orang membaca buku, maka akan ada transfer ilmu pengetahuan yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan," katanya.

Pj Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto mengatakan, kesadaran akan pentingnya gemar membaca dan literasi masih perlu ditingkatkan di masyarakat. Untuk itu, semua pihak diminta untuk ikut menyosialisasikan akan manfaat dari literasi guna menambah pegetahuan dan meningkatkan kesejahteraan.

"Literasi masih perlu ditingkatkan di tengah masyarakat, baik peningkatan sarana dan prasarana maupun budayanya," ujarnya
Pemerintah Kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan saat ini sedang melakukan upaya pengumpulan buku dari para pegawai  untuk memenuhi kebutuhan akan buku baik di perpustakaan desa maupun sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Banjarnegara, Arief Rahman mengatakan, kegiatan Festival Literasi tersebut merupakan salah satu agenda dalam kegiatan peringatan Hari Jadi ke 452 Kabupaten Banjarnegara.

"Pada kegiatan Festival Literasi ini juga dilaksanakan Pengukuhan Bunda Literasi, Talkshow dengan tema peningkatan indeks literasi masyarakat Banjarnegara, bazar literasi serta penyerahan sertifikat akreditasi perpustakan sekolah," katanya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut