get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Barung Kwaran Banjarmangu dan Karangkobar Jadi yang Tergiat di Pesta Siaga 2023

Minggu, 19 Maret 2023 | 19:27 WIB
header img
Penampilan peserta Pesta Siaga yang dilaksanakan di SMPN 2 Wanadadi, Banjarnegara, Minggu (19/3/2023). Foto. dok Kwarcab Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Barung kwartir ranting (Kwaran) Kecamatan Banjarmangu menjadi yang tergiat untuk kategori putra dalam Pesta Siaga 2023 yang digelar di SMPN 2 Wanadadi Banjarnegara. Sementara untuk Barung putri tergiat disematkan pada Kwaran Karangkobar.

Kegiatan Pesta Siaga yang dilaksanakan di SMPN 2 Wanadadi ini diikuti oleh 40 barung putra dan putri, mereka merupakan barung terbaik di masing-masing kecamatan dalam lomba yang sama, dan barung tergiat di tingkat kabupaten ini akan mewakili kegiatan serupa di tingkat Karesidenan Banyumas.

Anggota Mabicab Banjarnegara Dalmini mengatakan, Pramuka Siaga merupakan cikal bakal generasi muda masa depan. Melalui kegiatan Pramuka, pada kader muda bangsa ini digembleng untuk mandiri, disiplin, dan berani.

Menurutnya, Pramuka siaga bisa menjadi teladan bagi teman-temannya dimanapun dan kapanpun, terlebih jika telah menyandang predikat Pramuka Garuda. Sebab Pramuka Garuda sudah melalui berbagai tahapan dan ujian kelayakan, sehingga mereka siap untuk menjadi contoh bagi rekan-rekan di sekolahnya.

Untuk itu, dia juga meminta para peserta dan pembina pramuka untuk tidak lelah dan senantiasa melakukan pembinaan dengan inovasi serta kretaivitas dalam menyerak kader bangsa yang berkualitas.

Sementara itu ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara Aris Sudaryanto mengatakan, Pesta Siaga kali ini diikuti oleh sedikitnya 329 peserta dan 160 pembina pendamping yang tergabung dalam 40 barung putra dan putri.

Pihaknya berharap, melalui momentum kegiatan tersebut dapat melahirkan Siaga jitu dan handal yang akan mewakili Kabupaten Banjarnegara pada Pesta Siaga tingkat Binwil Banyumas.

"Banjarnegara merupakan langganan juara di Pesta Siaga Binwil Banyumas dan terkenal dengan slogan Siaga Jitu Banjarnegara," lanjutnya.

Untuk Pesta Siaga 2023 ini, barung tergiat untuk kategori putra disematkan pada Kwaran Banjarnegara, disusul Kwaran Banjarmangu di peringkat ke dua, sedangkan peringkat III disematkan pada Kwaran Purwanegara.

Untuk tergiat putri, keluar sebagai barung terbaik adalah Kwaran Karangkobar, disusul Kwaran Banjarnegara sebagai tergiat II, dan Kwaran Purwanegara sebagai tergiat III.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut