get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Taj Yasin: Produk Lokal Harus Berani Pameran di Luar Negeri

Sabtu, 18 Maret 2023 | 15:28 WIB
header img
Wagub Jateng Taj Yasin saat mengunjungi pameran produk organik di Natural Produk West Expo. foto. dok.Pemprov Jateng.

SEMARANG,iNewsBanjarnegara.id-Sejumlah produk lokal jawa tengah mulai banyak dilirik oleh konsumen luar negeri, untuk itu wakil gunernur jateng meminta agar para pelaku usaha lokal harus berani melakukan pameran di luar negeri.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dengan mengikuti pameran di luar negeri, maka produk lokal jateng bisa lebih dikenal, hal ini bisa dilihat dari beberapa produk unggulan yang sudah eksport ke luar negeri.

Hal ini diungkapkannya saat menghadiri Natural Produk West Expo, di Anaheim, California, beberapa waktu lalu. Dari hasil ini, dia merasa optimistis produk lokal Jateng dapat bersaing di pasar global. Sebab selama pameran, antusias pengunjung terhadap produk-produk Indonesia sangat besar.  Hal tersebut merupakan peluang besar yang harus dimanfaatkan oleh para pengusaha Indonesia.

"Pameran-pameran produksi lokal yang dilakukan di luar negeri merupakan satu cara membuka peluang untuk meningkatkan ekspor. Saya senang, produk lokal jateng ikut serta dalam pameran ini," katanya.

Menurutnya, Jateng memiliki potensi besar menghasilkan komoditas yang diminati pasar global. Komoditas pertanian organik menjadi satu daya tarik tersendiri. Sehingga, harus digencarkan lagi menjadikan organik sebagai komoditas unggulan. 

"Kita di Jawa Tengah mendorong para petani lebih meningkatkan lagi pertanian organik yang di dalamnya termasuk produk yang halal dan toyiban. Sebagai makanan yang sehat dan higienis. Untuk itu, kita akan terus memverifikasi UMKM Jawa Tengah agar bisa Masuk ke Amerika dan negara-negara tujuan ekspor lainnya," ujarnya.

Tak hanya itu, dia juga sudah meminta Kementerian Perdagangan untuk dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dan UMKM lokal. Menurutnya, pemerintah pusat bisa meningkatkan pameran-pameran produk lokal indonesia di negara-negara tujuan ekspor. 

"Sebab banyak produk-produk lokal yang mempunyai Pelanggan di luar Negeri setelah produknya di pamerkan di ajang pameran Indonesia (Trade Expo Indonesia). Salah satunya produk organik dan produk halal dari Jawa Tengah, berupa coconut sugar," katanya.

Terpisah, Director Of ITPC Los Angeles Aldila Tjahjsari mengatakan, berbagai produk organik dipamerkan pada ajang tersebut yang diikuti oleh berbagai negara. Dia menyebutkan, stand produk indonesia banyak dipadati oleh pengunjung di pameran terbesar yang digelar dua tahunan.

"Ada 10 perusahaan Indonesia yang ikut dalam ajang pameran terbesar di Amerika bagian barat ini, dan pameran ini merupakan pameran dua tahunan produk-produk organik," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut