get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Calista dan Ardiaz Terbaik di Lomba Literasi SMP 2023

Selasa, 21 Maret 2023 | 19:46 WIB
header img
Para pemenang lomba literasi siswa SMP se Kabupaten Banjarnegara tahun 2023. Foto. dok Dinas Pendidikan Banjarnegara.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Dua siswa SMP yakni Aprilia Calista dan Ardiaz Daijiro Subiyanto keluar sebagai yang terbaik dalam lomba literasi tingkat SMP se Kabupaten Banjarnegara tahun 2023.

Calista yang merupakan siswa SMPN 2 Banjarnegara keluar sebagai yang terbaik pada nomor lomba menulis cerpen, sedangkan Ardiaz Daijiro Subiyanto dari SMP N 1 Karangkobar menjadi yang terbaik dalam nomor baca puisi.

Sementara itu, untuk nomor menulis cerpen, terbaik II disematkan pada Latifatun Inez Irawati dari SMP N 1 Karangkobar, dan Carissa Salsabila Nafisah dari SMP N 1 Purwareja Klampok sebagai juara III.

Sedangkan untuk nomor baca puisi, terbaik II diraih oleh Alinka Syifa Amaliya dari SMP N 1 Pagedongan juga berhasil meraih juara II, sedangkan juara III diraih oleh Dhening Purbaningsih dari SMP N 1 Purwanegara.

Lomba literasi tingkat SMP tahun 2023 yang mengambil tema 'Bijak Berliterasi', ini diikuti oleh 79 siswa untuk nomor baca puisi dan 77 siswa pada nomor menulis cerpen. "Tingginya animo peserta dalam lomba ini membuktikan bahwa minat siswa dalam lomba ini cukup besar, dan tentunya persaingan juga semakin ketat," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara Teguh Handoko melalui Kasi Kesiswaan Rita Khotijah.

Menurutnya, lomba literasi ini merupakan satu upaya meningkatkan kemampuan literasi siswa. Lomba ini juga bagian dari upaya memberikan ruang bagi siswa dalam mengembangkan minat bakatnya. Untuk itu, dia berharap lomba ini dapat berimbas pada peningkatan literasi siswa, apalagi literasi menjadi bagian dari penerapan kurikulum merdeka.

Dikatakannya, lomba literasi ini sengaja digelar sebagai sarana untuk mengembangkan minat bakat siswa dalam membaca puisi dan menulis cepren, selain itu lomba ini juga untuk menggali potensi dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam pelajaran bahasa Indonesia, khususnya cerpen dan baca puisi.

"Ini juga bagian dari kompetensi literasi dan penguatan profil pelajar pancasila. Termasuk didalamnya mengembangkan sikap kompetitif yang sehat dan sportif pada peserta didik sejak dini," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut