get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Tips Tetap Bugar Olahraga saat Ramadan

Jum'at, 24 Maret 2023 | 17:01 WIB
header img
Ilustrasi . Foto.Freepik

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Puasa ramadan merupakan satu kewajiban bagi umat muslim, namun tahukan Anda jika olahraga saat berpuasa tetap baik bagi kesehatan, hanya saja porsi dan repetisi serta waktu latihan harus diperhatikan.

Bagi Insan olahraga, berpuasa tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dilakukan demi melaksanakan perintah agama. Puasa bukan berarti kita harus bermalas-malasan, aktivitas dan olahraga sambil menjalankan ibadah puasa juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Para ahli kesehatan juga menyebutkan bahwa sesunguhnya berolahraga penting bagi Anda yang berpuasa. Terutama jika telah memiliki tujuan untuk menurunkan berat badan serta membakar lemak.

Berolahraga saat puasa pada dasarnya memaksa tubuh untuk menumpahkan lemak. Hal ini karena proses pembakaran lemak pada tubuh dikendalikan oleh sistem saraf simpatik Anda. Proses ini juga diaktifkan oleh latihan serta akibat kekurangan makanan.

Kombinasi puasa dan latihan memaksimalkan dampak faktor seluler dan katalis, yang memaksa pemecahan lemak dan glikogen pada energi.

Sebuah studi juga menemukan, puasa sebelum latihan aerobik menyebabkan penurunan berat badan serta lemak tubuh. Sementara, makan sebelum latihan hanya menurunkan berat badan.

Dalam artikelnya, Dokter spesialis kedokteran olahraga dari Perhimpunan Dokter Spesialis Olahraga, dr. Ade Jeanne L. Tobing mengatakan, berpuasa sebelum berolahraga sangat dianjurkan. Hal itu malah tidak membuat kita lemas namun akan mengeluarkan gula dalam tubuh.

“Di dalam tubuh kita kan ada gula. Dalam otot tersimpan banyak. Sehingga itu kan yang dikeluarkannya. Saat kita puasa kan dianjurkan untuk berolahraga pas mau buka,” katanya.
Ade juga mengatakan untuk tidak langsung olahraga tepat setelah sahur.

“Jangan pas setelah sahur. Itu bahaya bisa keram otot perut, karena masih ada makanan” ujarnya.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk melaksanakan olahraga saat berpuasa? Nah disini kita akan bahas mulai dari kapan waktu terbaik berolahraga saat puasa, serta apa saja manfaat yang didapat saat berolahraga di bulan puasa.

Berpuasa selama 30 hari berturut-turut tanpa melakukan olahraga sedikit bisa mengurangi kekuatan dan kebugaran tubuh. Hal ini berdampak pada penurunan fungsi jantung dan pembuluh darah, yang berpotensi mengancam nyawa. Maka itu, kamu dianjurkan berolahraga saat puasa agar tubuh tetap sehat dan bugar. Selain itu, olahraga saat puasa dapat meningkatkan kekuatan dan massa otot.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga saat puasa adalah waktu, intensitas, dan kondisi tubuh. Kamu bisa berolahraga dengan intensitas ringan (seperti berjalan kaki, jogging, yoga) selama 20-30 menit per hari, tepatnya menjelang waktu berbuka. Waktu terbaik lain yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga adalah setelah sahur dan setelah salat Tarawih.

Meski baik bagi kesehatan, tidak semua orang diperbolehkan olahraga saat puasa. Salah satunya pengidap diabetes tipe 1, karena olahraga mengganggu tingkat glukosa di dalam darah. Pengidap diabetes tipe 2 bisa berolahraga dengan intensitas rendah dan tidak lebih dari 30 menit. Pengidap hipertensi juga diperbolehkan olahraga dengan intensitas rendah.

Ada beberapa tips dan hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan kegiatan olaharga. Sebab olahraga saat puasa tidak boleh dilakukan sembarangan agar tidak kelelahan dan dehidrasi.
Jika kamu berencana untuk olahraga setelah sahur, pastikan kamu mendapat cukup cairan sebelumnya. Kamu bisa minum dua gelas air putih saat sahur atau air kelapa yang kaya elektrolit.

Latihan kardiovaskular ringan, seperti berjalan kaki atau bersepeda. Jenis olahraga ini mampu membakar kalori dan meningkatkan stamina, meningkatkan fleksibilitas dan detoksifikasi, serta merilekskan otot-otot yang bekerja. Pilihan olahraga lainnya adalah push up dan sit up.

Hindari olahraga dengan intensitas tinggi, seperti berlari, stepper, atau angkat beban karena berpotensi sebabkan cedera sendi dan otot. Pada kasus yang parah, olahraga ini memicu komplikasi berupa tekanan darah rendah, hipoglikemia, dan pusing.

Jika merasa lemah, pusing, atau keluhan fisik lain, segera hentikan aktivitas olahraga.

Hindari makanan yang digoreng atau berlemak tinggi lain saat sahur maupun berbuka. Sebaiknya, konsumsi makanan kaya vitamin D dan kalsium untuk menjaga kesehatan tulang selama berolahraga saat puasa. Misalnya, bayam, kubis, kedelai, ikan sarden, oatmeal, hati sapi, keju, kuning telur, susu dan produk olahannya.

Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk olahraga saat puasa. So… tetap berolahraga, jaga stamina dan SALAM OLAHRAGA

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut