get app
inews
Aa Read Next : Keren, Sekolah di SMK Kesehatan Bhakti Husada Klampok, Lulus Langsung Kuliah atau Jadi Pengusaha

Donor Ramadan di Desa Pesantren, PMI Banjarnegara Kumpulkan 234 Kantong

Minggu, 16 April 2023 | 14:04 WIB
header img
Warga Desa Pesantren, Kecamatan Wanayasa saat melakukan aksi donor darah usai berbuka puasa di desa setempat, Sabtu (15/4/2023). Foto. dok PMI

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-PMI Kabupaten Banjarnegara terus melakukan upaya untuk menjaga ketersediaan stok darah bagi bank darah yang ada di rumah sakit, untuk itu PMI Banjarnegara terus menggencarkan kegiatan donor darah di sejumlah titik, termasuk di Desa Pesantren, Kecamatan Wanayasa, Banjarnegara.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan warga langsung antre dan memadati lokasi donor darah yang digelar di TK Desa Pesantren, Kecamatan Wanayasa, Sabtu (15/4/2023) malam. Tak tanggung-tanggung, 234 kantong darah berhasil dikumpulkan PMI Banjarnegara untuk menjaga stok kebutuhan darah di Banjarnegara.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara dr. Syarah Mutia Dewi mengatakan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kebutuhan darah akan meningkat saat Ramadan dan Lebaran, sehingga pihaknya terus melakukan kegiatan donor darah pada kelompok potensial donor darah suka rela.

Menurutnya, Ramadan bukanlah satu alasan untuk tidak melakukan donor darah, sebab sesuai dengan ajaran agama, donor darah tidak dilarang dan justru sangat baik untuk kesehatan. Untuk itu, pihaknya terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatan stok persediaan darah untuk memenuhi kebutuhan bank darah di beberapa rumah sakit.

"Ini luar biasa, antusias masyarakat Desa Pesantren untuk mendonorkan darahnya sangat tinggi meski dibulan Ramadan," ujarnya.

Tingginya animo masyarakat ini sudah terlihat selepas waktu beruka puasa, sejumlah warga calon pendonor sudah memadati dan rela antre untuk ikut donor darah. Kelompok donor darah Desa Pesantren ini memang satu kelompok pendonor potensial yang sudah rutin melakukan kegiatan ini.

"Kami tentu hanya bisa mengucapkan banyak terimakasih, sebab dengan seperti ini setidaknya bisa ikut membantu menjaga stok darah selama Ramadan," ujarnya.

Sementara itu koordinator kelompok donor darah Desa Pesantren, Kecamatan Wanayasa, Haryanto mengatakan antusias dan tingkan kesadaran masyarakat untuk berdonor di wilayahnya memang tergolong bagus.

"Kami terus menerus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat donor darah bagi kesehatan serta manfaat lainnya," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut