get app
inews
Aa Read Next : Usai Dilantik, Pj Gubernur Jateng Siap Lanjutkan 'Mboten Korupsi Mboten Ngapusi'

Wagub Jateng Usulkan Pemasangan Sistem Biogas Untuk Pembangunan Perumahan di Atas Seribu Unit

Selasa, 27 Juni 2023 | 20:30 WIB
header img
Wakil Gunernur Jateng Taj Yasin saat menghadiri acara Breakfast dan Coffee Morning Dialog Dinas, Pokja dan Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman di Hotel room Inc Semarang, Selasa (27/6/2023). Foto. dok Pemprov Jateng.

SEMARANG,iNewsBanjarnegara.id-Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, mengusulkan adanya septic tank komunal untuk perumahan yang dibangun oleh pemerintah pusat. Menurutnya, septic tank komunal ini dapat dioptimalkan untuk pemanfaatan biogas. Sehingga, kebutuhan gas bagi kebutuhan rumah tangga bisa terbantukan.

Masalah tersebut sudah melalui diskusi bersama jajaran Pemprov Jateng, pasalnya selama ini pemerintah belum dapat mewujudkan hal ini karena proses pembangunan kawasan perumahan di Jateng masih relatif kecil.

"Lha ini mumpung di sini hadir ada dari PU PR ada dari Bappenas, yang seluruhnya menangani pembangunan perumahan di atas seribu unit. Kalau seribu penghuni itu bisa menggunakan septic tank komunal tentu bisa dimanfaatkan dan ini juga bisa meringankan," kata taj Yasin saat menghadiri acara Breakfast dan Coffee Morning Dialog Dinas, Pokja, dan Forum Perumahan dan Kawasan Permukiman di Hotel room Inc Semarang, Selasa (27/06/2023).

Menurutnya, Jateng memiliki program Tuku Lemah Oleh Omah bagi masyarakat. Program tersebut dicanangkan dengan semangat gotong royong antara pemerintah dan masyarakat untuk menekan angka kemiskinan di Jateng. 

Selain program Tuku Lemah Oleh Omah, Pemprov Jateng juga mencanangkan program Satu OPD Satu Desa Dampingan. Masing-masing dinas di Pemprov Jateng diwajibkan membina minimal satu desa miskin di wilayah Jawa Tengah.

Dalam program tersebut, dinas harus berkoordinasi dengan dinas lain untuk mengurai masalah kemiskinan dari berbagai faktor. Sehingga bukan hanya sekedar memberikan bantuan sosial saja melainkan juga pembangunan RTLH, Jambanisasi, serta memikirkan aspek UMKM bagi masyarakat setempat. 

"Dinas ini harus membaca itu semua. Yang menangani ini hanya koordinator saja, lakukan diskusi dengan dinas lainnya. Sehingga keroyokan itulah yang akhirnya bagian dari upaya penurunan kemiskinan di Jateng. Dan itu bisa kita kerjakan bareng-bareng," katanya.

Wagub juga mengapresiasi peran masyarakat yang telah mau saling membantu dalam mewujudkan program Tuku Lemah Oleh Omah. Menurutnya tanpa gotong royong tersebut, maka program ini akan sulit tercapai.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut