get app
inews
Aa Read Next : Peduli Sampah, Kokam Kalibening Banjarnegara Kerja Bhakti Tata Gunungan Sampah

Peringati WCD, Siswa SMPN 1 Bawang Turun ke Irigasi Bersihkan Sampah

Jum'at, 22 September 2023 | 20:55 WIB
header img
Para siswa SMPN 1 Bawang saat turun ke irigasi untuk bersihkan sampah dalam rangka WCD 2023.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan ternyata masih jauh dari harapan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya sampah pada irigasi saat para siswa SMPN 1 Bawang melakukan aksi bersih sampah dalam rangka peringatan World Cleanup Day (WCD) tahun 2023, Jumat (22/9/2023).

Dalam aksi tersebut, ratusan siswa SMPN 1 Bawang turun ke jalan dan irigasi yang ada di lingkungan sekolah untuk membersihkan sampah, mereka mengumpulkan sampah yang berserakan di jalanan dan irigasi sekitar sekolah.

Para siswa ini menyisir sejumlah jalan sekitar sekolah hingga irigasi yang berada di depan sekolah, tak hanya itu mereka juga memilah sampah organik dan anorganik dari sampah yang berhasil mereka kumpulkan.

Ketua tim WCD SMPN 1 Bawang Akhmad mengatakan, WCD merupakan satu momentum untuk meningkatkan dan mengingatkan kembali akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, untuk itu para siswa bersama dengan guru dan karyawan SMPN 1 Bawang melakukan aksi bersih sampah yang dimulai dari lingkungan sekolah, jalan kampung sekitar sekolah, hingga irigasi yang ada di sekitar sekolah. 

"Kebetulan sekolah kami merupakan satu sekolah Adiwiyata yang ada di Banjarnegara, sehingga sampah yang berhasil dikumpulkan kemudian dipilah dan dipilih antara yang organik dan unorganik," katanya.

Kepala SMPN 1 Bawang Fransiska Yulianti Parera mengatakan, peringatan WCD ini merupakan satu momentum untuk membangkitkan kembali kepedulian dan kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan, hal ini seiring dengan amanah dari Kementerian Lingkungan Hidup. 

"Ini adalah bagian dari peringatan WCD yang dilakukan seluruh keluarga besar SMPN 1 Bawang, dimana kami bersama-sama melakukan aksi bersih-bersih lingkungan," ujarnya.

Dengan kegiatan ini, dia berharap upaya kecil yang dilakukan para siswa ini menjadi bagian dari penanaman karakter dalam membentuk kepedulian siswa terhadap kebersihan sekaligus menjadi bagian dari upaya penyelesaian masalah sampah.

"Kami berharap dari kegiatan ini dapat tertanam pada diri siswa akan peduli kebersihan lingkungan, sehingga nantinya kebersihan menjadi budaya dan gerakan bersama dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat," ujarnya.

Tak hanya itu, aksi bersih sampah dan lingkungan ini juga menjadi kegiatan rutin bagi siswa SMPN 1 Bawang sebagai sarana untuk menanamkan kepedulian kebesihan lingkungan pada para siswa.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut