get app
inews
Aa Read Next : Derby Ngapak Liga 3 Tahun Ini Bakal Lebih Seru

Assalamualaikum Liga 3, Ini Delapan Tim Liga 2 yang Terdegradasi

Senin, 19 Februari 2024 | 18:32 WIB
header img
Liga 3 PSSI

iNewsBanjarnegara.id-Kompetisi Liga 2 musim 2023-2024 telah usai, depalan tim dipastikan terdegradasi ke Liga 3. Nasib paling apes dialami oleh PSCS Cilacap, pasalnya meski memiliki poin 9, tim berjuluk Hiu Selatan ini harus rela turun kasta ke Liga 3 musim 2024-2025.

Pada babak play off degradasi, PSCS berada di grup D bersama dengan Persipura Jayapura, Persekat Tegal, dan Kalteng Putra. Dalma laga ini, PSCS sukses sapu bersih di laga kandang, namun tak sekalipun meraih poin daat melawat ke kandang lawan.

Sedangkan Persipura Jayapura sukses memuncaki klasemen dari 3 kali kemenangan dua kali seri, dan sekali kalah dengan total poin 11, disusul Persekat Tegal yang sukses mengoleksi poin 9 dari dua kemenangan dan tiga kali seri, serta satu kali kekalahan. Persekat bertahan di Liga 2 karena memiliki selisih gol lebih baik dari PSCS Cilacap.

Persaingan grup D memang paling seru, pasalnya keempat tim masih memiliki peluang yang sama hingga akhir pertandingan babak play off, namun PSCS dinilai paling kurang beruntung karena selisih gol dengan Persekat Tegal, sehingga tim berjuluk Hiu Selatan ini harus rela turun kasta ke Liga 3 pada musim 2024-2025.

Sementara itu, pada grup A, Perserang Serang dan Sada Sumut juga harus turun kasta ke Liga 3 setelah hanya mampu finish di peringkat 3 dan 4, Perserang juga bernasib sama seperti PSCS, meski mengoleksi 10 pion, dia harus merelakan posisinya pada PSKC Cimahi yang juga mengoleksi 10 poin, sementara Sada Sumut harus mengubur mimpinya bertahan di Liga 2 karena tak sekalipun meraih kemenangan dalam babak playoff.

Perjuangan Deli Serdang dan Persikab Kabupaten Bandung untuk bertahan di Liga 2 musim depan juga pupus, setelah keduanya kalah bersaing dalam perebutan peringkat dua besar di klasemen grup B babak play off degradasi Liga 2.

Turun kasta hingga ke Liga 3 merupakan satu pukulan sangat berat, terlebih Deli Serdang merupakan satu tim besar dan pernah mengenyam kompetisi tertinggi di Indonesia. Tak hanya itu, nasib serupa juga dialami oleh Persiba Balikpapan yang harus rela turun kasta ke Liga 3 bersama Sulut United setelah gagal bersaing dengan dua klub asal Jateng di grup C.

Dengan hasil ini, maka delapan tim yakni Persera Serang, Sada Sumut, PSDS Deli Serdang, Persikab Kabupaten Bandung, Sulut United, Persiba Balikpapan, PSCS Cilacap, dan Kalteng Putra harus kembali berjuang di Liga 3.

PSCS Cilacap tergolong paling apes, pasalnya dari empat tim asal Jateng yang harus melakoni babak play off, yakni Persijap Jepara, Persipa Pati, Persekat Tegal, hanya PSCS Cilacap yang gagal bertahan di Liga 2, artinya, laskar Hiu Selatan ini harus kembali bersaing dengan tim ngapak di Banyumas raya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut