Penghafal Al Quran di Banyumas Terima Bisyaroh

Syarif TM
Penyerahan bisyaroh kepada para hafidz di Ponpes At Taujieh Banyumas. Foto. dok SGN

BANYUMAS,iNewsBanjarnegara.id-Sedikitnya 10 para penghafal Al Quran yang ada di Pondok Pesantren At Taujieh Al Islami Andalusia Banyumas menerima bisyaroh dar wakil gubernur Jateng. Pemberian bisyaroh pada 10 tahfidz ini diberikan dalam Akhirussanah Ponpes tersebut, Sabtu (24/6/2023).

Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen mengatakan, pemberian bisyaroh pada santri yang telah menyelesaikan khotimil quran 30 juz bil ghoib atau tahfidz 30 juz ini merupakan satu penyemangat dan pemicu agar mereka terus belajar.

Pemberian santunan pada para tahfidz ini sudah dilakukan sejak dirinya menjabat sebagai wakil gubernur. Hal ini sebagai contoh bahwa pemerintah memberikan perhatian pada para hafidz dan bisa ditiru oleh kabupaten.

"Pemberian bisyaroh ini sebagai bentuk perhatian, dan pemerintah harus memberikan contoh. Alhamdulillah kemarin saya di Kendal, ada yang memberi (santunan) untuk hafidz. Saya ke Demak, pemerintah sana sekarang sudah mengikuti," kata Taj Yasin.

Selain program santunan bagi hafidz/hafidzah, Pemprov Jateng juga terus mendukung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng membantu masyarakat. Kebijakan pemotongan gaji sebesar 2,5 persen telah dicanangkan sejak tahun 2013. 

Ketika wagub turut menjabat, kebijakan tersebut dioptimalkan bagi seluruh ASN di lingkungan Pemprov Jateng. Sehingga, Baznas Jateng memperoleh banyak dana untuk dikelola bagi masyarakat 

"Termasuk pemerintah jateng memberikan contoh lewat baznas. Para pegawainya zakat. Dipotong 2,5 persen saat gajian," katanya.

Wakil gubernur yang juga Panglima Santri Gayeng Nusantara ini juga mengapresiasi ponpes At Taujieh yang berhasil menggabungkan pendidikan modern dengan ilmu agama. Ia menilai, santri akan mendapatkan banyak kemampuan untuk bisa mengikuti zaman.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network