Petani di Kampung Gagot Gelar Upacara HUT RI Dengan Pakaian Khas

Syarif TM
Para petani di Kampung Gagot Banjarnegara gelar upacara HUT RI dengan pakaian khas petani desa. Foto. dok Kampung Gagot

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Nuansa petani sangat terasa dalam upacara peringatan HUT RI ke 78 yang dilaksanakan di Kampung Gagot, Desa Kutawuluh, Kecamatan Purwanegara pada 17 Agustus 2023.

Sejumlah petani dengan menggunakan pakaian lengkap khas petani lengkap dengan caping dan peralatan bertani lainnya berbaris dengan rapih, mereka dengan khidmat mengikuti serangkatan upacara peringatan HUT RI ke 78 tahun 2023.

Dengan menggunakan pakaian lengkap khas petani lengkap, sekitar 50 petani ini berbaris dengan tertib, meski sederhana, upacara peringatan HUT RI ala petani Kampung Gagot ini berjalan khidmat dan penuh makna.

Pembina upacara yang juga penggagas Kampung Gagot Banjarnegara Kang Arung mengatakan, kaum petani juga memiliki peranan penting dalam masa perjuangan, bahkan petani ini juga masih menjadi bagian penting dalam pembangunan suatu bangsa hingga saat ini.

Hal ini seiring dengan program pemerintah yang menyebutkan bahwa ketahanan pangan suatu negara harus sebanding dengan ketahanan pangan. Untuk itu, pertanian menjadi satu program prioritas dalam pembangunan.

"Kita sebagai petani harus bangga, sebab peranan petani ini juga menjadi bagian penting dalam perjuangan kemerdekaan, termasuk pejuang ketahanan pangan hingga saat ini," katanya.

Untuk itu, momentum hari kemerdekaan ini hendaknya menjadi tonggak dan menambah semangat kaum tani untuk terus berkarya demi tercapainya ketahanan dan produksi pangan, khususnya kebutuhan dalam negeri.

Upacara peringatan HUT RI ala petani ini mendapatkan sambutan yang positif dari para petani muda modern yang ada di Banjarnegara, apalagi profesi petani yang dulu dipandang sebelah mata oleh generasi muda, kini mulai banyak diminati.

"Ini sangat penting untuk membangkitkan semangat kita, khususnya para petani muda yang ada di penjuru nusantara. Ada kesederhanaan, namun sarat akan makna perjuangan," kata Aji Saputra, petani muda Banjarnegara yang ikut dalam upacara di Kampung Gagot.

Usai menggelar upacara peringatan HUT RI ke 78, kegiatan dilanjutkan dengan pembagian pupuk organik, bibit kepala kopyor, dan benih jagung secara gratis pada para petani.

Editor : Adel

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network