get app
inews
Aa Read Next : Hasil Pemilu Di Banjarnegara, PDIP Peroleh Suara Terbanyak Disusul PKB Dan Demokrat. Ini Rinciannya

Wujudkan Pemilu yang Aman, Bawaslu Banjarnegara Gandeng Jurnalis dan Ormas

Jum'at, 09 Desember 2022 | 17:40 WIB
header img
Ketua Bawaslu Banjarnegara Sarwo Wuragil saat membuka sosialisasi pengawasan Pemilu Partisipatif di Surya Yudha Sport Center Banjarnegara, Jumat (9/12/2022). Foto. Syarif TM / iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banjarnegara menggelar sosialisasi terhadap insan pers dan ormas serta LSM yang ada di Banjarnegara, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi serta mewujudkan Pemilu yang aman dan demokratis.

Sosialisasi pengawasan partisipatif bersama dengan insan media massa, LSM, Ormas, dan tokoh masyarakat serta tokoh keagamaan ini dilakukan di Surya Yudha Sport Center Banjarnegara, Jumat (9/12/2022).
Ketua Bawaslu Banjarnegara Sarno Wuragil mengatakan, sosialisasi pengawasan partisipatif ini sengaja dilakukan dengan sistem diskusi santai dengan menghadirkan narasumber dari Kesbangpol dan PWI Banjarnegara.

LIHAT JUGA : DIPA 2023 Diserahkan, Ini Target Pembangunan di Banjarnegara

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan sebagai bagian dari upaya pencegahan terhadap pelanggaran Pemilu di Banjarnegara, sebab masyarakat termasuk insan pers dan LSM serta ormas juga bisa menjadi bagian dari Bawaslu sebagai pengawas partisipatif.
"Sosialisasi pengawasan partisipasi ini sangat penting untuk membantu Bawaslu melakukan pengawasan pelaksanaan Pemilu 2024. Semua memiliki peran dalam membantu Bawaslu saat pengawasan di lapangan, apalagi anggota kami sangat terbatas," katanya.

Dikatakannya, tahapan Pemilu serentak 2024 sudah mulai berjalan, untuk pengawasan juga harus sudah dilaksanakan agar nantinya Pemilu dapat berjalan dengan aman dan damai. Satu cara yang dilakukan Bawaslu Banjarnegara adalah dengan melibatkan semua unsur masyarakat sebagai pengawas partisipatif.

"Peran media massa jelas sangat penting sebagai kontrol sosial, tetapi media massa juga bisa menjadi bagian dari kami sebagai pengawas partisipatif," katanya.

LIHAT JUGA : Banjarnegara Deklarasikan Kabupaten Layak Anak

Dengan dilibatkan berbagai kelompok dalam pengawasan pemilu, diharapkan  nantinya pelaksanaan Pemilu dari mulai tahapan awal sampai akhir berjalan aman, lancar, dan tertib.

"Dengan keterbatasan kami, tentu nantinya ada hal-hal di lapangan yang luput dari pengawasan kami, sehingga peranan pengawasan partisipasi ini sangatlah penting," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut