get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

1.000 Penari Sambut Kirab Hari Jadi Banjarnegara ke 542

Minggu, 26 Februari 2023 | 19:40 WIB
header img
tarian dawet ayu ikut memeriahkan puncak hari jadi Banjarnegara tahun 2023 di Alun-alun Banjarnegara, Kamis (26/2/2023). Foto. Syarif TM/iNewsBanjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Presesi kirab hari jadi Banjarnegara ke 542 tahun 2023 dimeriahkan oleh 1.000 penari pelajar SMP se Kabupaten Banjarnegara. Seribu pelajar ini menari bersama saat menyambut kedatangan kirab panji lambang daerah di Alun-alun Banjarnegara, Minggu (26/2/2023).

Kehadiran 1.000 penari di Alun-alun Banjarnegara ini menambah kemeriahan prosesi hari jadi Banjarnegara ke 452 tahun 2023. Mereka menarikan tarian khas Banjarnegara, yakni 'Dawet Ayu'. Dengan alunan musik, seribu pelajar ini kompak bergerak mengikuti irama lagu.

Tak hanya itu, hadirnya seribu penari yang menari bersama ini mengundang perhatian masyarakat dan wisatawan yang hadir dan melihat langsung prosesi hari jadi Banjarnegara tahun 2023.

Ketua Pelaksana Hari Jadi Banjarnegara ke 452 Tursiman mengatakan, pementasan tari ini sengaja dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat, tentang kesenian dan budaya asli warisan leluhur yang patut untuk dilestarikan.

Menurutnya, tarian Dawet Ayu ini memiliki makna filosofi semangat Banjarnegara, ada makna yang terkandung dalam tarian tersebut sekaligus dawet ayu ini sudah menjadi bagian dari ikon Banjarnegara.

"Ada semangat membangun Banjarnegara, kemarin kita terpuruk akibat Pandemi, dan di hari jadi Banjarnegara ke 452 ini ada semangat untuk bangkit," katanya.

Selain itu, rangkaian kegiatan hari jadi juga dilakukan dengan prosesi penyerahan pusaka, termasuk adanya gunungan sebagai simbol kemakmuran hasil bumi rakyat Banjarnegara, tak hanya itu dalam gunungan ini juga ada gunungan buku yang bertujuan untuk menambah ilmu dan semangat belajar masyarakat Banjarnegara.

"Rangkaian acara juga ada hiburan dangdut serta hiburan lain yang bermaksud memberikan hiburan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama mensyukuri hari jadi Banjarnegara, semoga kegiatan ini menjadi berkah bagi kita semua," katanya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut