get app
inews
Aa Read Next : Geger Ditodong Senpi Gegara Fee dan THR, Ini Jawaban Ajudan Pj Bupati

Siswa MTsN 3 Banjarnegara Raih Perunggu di Malaysia

Minggu, 26 Februari 2023 | 20:51 WIB
header img
Muhammad Nizar saat menerima penghargaan sebagai perah medali perunggu dalam Asian Junior Robot Cup 2023 di Malaysia. Foto. dok. MTsN 3 Banjarnegara

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Siswa Kelas VII MTs Negeri 3 Banjarnegara Muhammad Nizar Al Farizi sukses merebut medali perunggu dalam Asian Junior Robot Cup (AJR) yang digelar di Maker Space Gombok Malaysia, Minggu (26/2/2023).

Muhammad Nizar berhasil meraih medali perunggu pada kategori Creative Open setelah menysihkan ratusan peserta dari berbagai penjuru asia. Nizar berangkat ke Malaysia bersama rekan sesama siswa MTsN 3 Banjarnegara di ajang tersebut, namun hanya dirinya yang berhasil membawa medali perunggu di ajang AJR 2023.

Sebelumnya Muhammad Nizar Al Farizi dan Muhammad Affandi Ikhsan berhak mewakili Indonesia setelah sukses meraih peringkat tiga dalam Semarang Robotic Games (SRG) tahun 2023 di Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Kepala MTsN 3 Banjarnegara, Natir mengatakan, dalam ajang Asian Junior Robot Cup 2023 di Malaysia, MTs Negeri 3 Banjarnegara mengirimkan wakilnya, namun hanya satu yang berhasil meraih medali perunggu atas nama Muhammad Nizar. 

Meski begitu, sekolah tetap memberikan apresiasi yang tinggi pada kedua siswa tersebut. Sebab persaingan lomba robot tingkat asia ini merupakan agenda dari International Youth Robotic Association (IYRA) dan Robotasia tahun 2023 berlangsung sangat ketat.

"Ini persaingan yang tidak mudah, apalagi dalam Asian Junior Robot Cup ini tidak ada kategori pelajar SLTP atau SLTA, sehingga prestasi ini cukup membanggakan bagi sekolah," ujarnya.

Dia juga mengakui bahwa kejuaraan robot yang digelar di Malaysia ini cukup berat, bahkan persaingan di tingkat Jateng saja persaingan sudah sangat ketat, siswa MTs Negeri 3 Banjarnegara ini juga harus bersaing dengan siswa SLTA. 

"Semoga prestasi ini bisa membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar, sebab bagi kami prestasi siswa tidak hanya dalam akademik, tetapi juga siswa harus bisa tumbuh kembang sesuai dengan minat dan bakatnya," ujarnya.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut