get app
inews
Aa Read Next : Ganjar-Yasin Berpamtian, Wariskan Reformasi Birokrasi Penuh Integritas

Jelang Ramadan, Warga Desa Petambakan Bersihkan Makam

Minggu, 19 Maret 2023 | 21:13 WIB
header img
Tradisi warga Desa Petambakan membersihkan makam saat jelang bulan ramadan. Foto. dok warga Petambakan.

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Menyambut datangnya bulan ramadan, sejumlah warga Desa Petambakan, Kecamatan Madukara melakukan kerja bakti bersama dengan membersihkan makam desa setempat, Minggu (19/3/2023).

Kegiatan tersebut merupakan tradisi masyarakat desa menjelang datangnya bulan ramadan. Tak hanya itu, aksi bersih makam ini juga menjadi bagian dari mempererat silaturahmi masyarakat desa setempat.

Kepala Desa Petambakan Hery Setyo Pranadi mengatakan, kegiatan bersih makam ini merupakan satu tradisi warga desa setiap menjelang bulan ramadan, tak hanya itu bersih makam ini juga sekaligus bagian dari merawat tradisi bagi masyarakat dengan membersihkan makam keluarga yang sudah meninggal dunia.

"Semua warga terlibat, minimal wakil setiap RT yang ada di desa kami ikut dalam kegiatan ini," katanya.

Selain itu, selain membersihkan makam, kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh warga untuk bersilaturahmi sesama warga dan berziarah pada keluarga yang sudah meninggal dunia. 

"Kalau makamnya bersih, maka peziarah juga akan nyaman, apalagi biasanya saat lebaran, warga banyak yang berziarah ke makam keluarganya, jika kondisi makam bersih, maka peziarah juga akan nyaman," ujarnya.

Menurutnya, selain membersihkan makam, tradisi warga jelang ramadan juga melakukan aksi bersih-bersih sarana ibadah. Hal ini dilakukan karena selama ramadan ini masyarakat diajak untuk berlomba-lomba meningkatkan amaliah dan ibadah.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut