get app
inews
Aa Read Next : Ditahan Imbang PSIW, Langkah Persibara Terhenti di Babak Grup E Liga 3 PSSI Jateng

Persibas Didiskualifikasi dari Liga 3, Persibara Hanya Raih 2 Poin

Jum'at, 24 November 2023 | 12:53 WIB
header img
Hasil keputusan Komdis PSSI Jateng

BANJARNEGARA,iNewsBanjarnegara.id-Buntut keributan suporter dalam laga terakhir grup E PSSI Jateng antara Persibas Banyumas vs Persibangga Purbalingga di GOR Satria Purwokerto berbuntut panjang, tak hanya bagi Persibas, imbas dari kericuhan tersebut juga menyebabkan poin Persibara saat melawan Persibas Banyumas hangus.

Babak penyisihan grup E Liga 3 PSSI Jateng telah usai, Persibara gagal lolos ke putaran grup karena hanya berada di posisi ke 3, meski begitu Persibara juga mendapatkan imbas penguruangan poin akibat didiskualifikasinya Persibas dan penghapusan semua laga yang dilakoni Persibas di putaran grup E Liga 3 PSSI Jateng. 

Keputusan tersebut mendasar pada sidang Komisi Disiplin (Komdis) Asprov PSSI Jateng yang telah memberikan sanksi diskualifikasi kepada Persibas Banyumas. Tidak hanya itu, semua hasil pertandingan melawan Persibas di grup E Liga 3 Jateng tahun 2023 juga tidak dihitung.

"Sesuai dengan hasil sidang Komdis yang diputuskan melalui surat No : 25/KOMDISPSSIJTG/XI/2023, Persibas Banyumas diputuskan dihukum Diskualifikasi dari Kompetisi Liga 3 Jawa Tengah tahun 2023," kata Sekretaris Asprov PSSI Jateng, Purwidyastanto, Jumat (24/11/2023).

Tak hanya itu, dari poin di atas, serta regulasi yang ada pada Liga 3 Jateng pasal 46, terhadap Klub yang ditetapkan diskualifikasi dari Kompetisi, maka seluruh pertandingan yang sudah dijalankan akan dihapus. Sehingga nilai yang diperoleh tim lain saat bertanding melawan Persibas tidak dihitung. 

Artinya, ada tiga tim di grup E, yakni Persibara Banjarnegara, Persibangga Purbalingga, dan PSIW Wonosobo semua poin saat melawan Persibas dihapus. Dengan begitu, Persibara Banjarnegara yang mendapatkan 6 poin dari melawan Persibas dihapus.

Meski begitu, penghapusan poin yang dilakoni tim di grup E saat melawan Persibas tidak berpengaruh terhadap posisi akhir di klasemen. Dua tim masing-masing Persibangga dan PSIW tetap menjadi juara dan runner up grup serta lolos ke babak 12 besar. 

Disampaikan pemberitahuan tersebut juga sudah dilayangkan melalui surat Nomor: 331/PSSI-JTG/XI/2023, tertanggal 23 November. Perihalnya Pemberitahuan Hasil Pertandingan Grup E Liga 3 Jawa Tengah 2023 Atas Putusan Komite Disiplin Asprov PSSI Jawa Tengah Nomor : 25/KOMDIS-PSSIJTG/XI/2023. “Surat dikirim kepada  manajer PSIW, manajer Persibangga dan Manager Persibara.

Seperti diketahui, kerusuhan yang terjadi pada laga Persibas vs Persibangga di GOR Satria Purwokerto, Rabu (22/11/2023) ini terjadi keributan, imbas dari kejadian itu, Komdis PSSI Jateng memutskan Persibas Banyumas kena diskualifikasi dari Liga 3 musim 2023, tak hanya itu Laskar Bawor juga mendapatkan denda sebesar Rp 45 juta.

Komdis Asprov PSSI Jawa Tengah, mengeluarkan Surat Putusan atas terjadinya pelanggaran berat pada pertandingan tersebut. Tak hanya diskualifikasi dan denda, Persibas juga harus menjalani laga musim depan tanpa penonton.

Editor : Adel

Follow Berita iNews Banjarnegara di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut